Category Archives: Berita

  • 0
Untitled

E-FILING 2019

Category : Berita

e-Filing adalah suatu cara penyampaian Surat Pemberitahuan (SPT) secara elektronik yang dilakukan secara online dan real time melalui internet pada website Direktorat Jenderal Pajak (http://www.pajak.go.id) atau Penyedia Layanan SPT Elektronik atau Application Service Provider (ASP).

Layanan e-Filing melalui website Direktorat Jenderal Pajak telah terintegrasi dalam layanan DJP Online, yang dapat diakses pada tautan berikut:https://djponline.pajak.go.id/account/login

Untuk panduan dan modul pengisian e-filing bisa didownload di http://ppid.sragenkab.go.id/?page_id=143


  • 0
kominfo-rudiantara-peluncuran-maskot-KIP

LUNCURKAN MASKOT KIP, TINGKATKAN KESIAPAN KETERBUKAAN INFORMASI DI INDONESIA

Category : Berita

Siaran Pers No. 28/HM/KOMINFO/02/2019

Minggu, 02 Februari 2019

Tentang

Luncurkan Maskot KIP, Tingkatkan Kesiapan Keterbukaan Informasi di Indonesia

Komisi Informasi Pusat (KI Pusat) meluncurkan maskot keterbukaan informasi publik dengan nama Mas KIP dan Mbak KIP. Maskot berbentuk sepasang boneka dengan kepala sebagai bentuk stilir gembok terbuka dengan wajah tersenyum itu menggambarkan kesiapan KI Pusat dalam menghadapai era keterbukaan informasi. Termasuk dalam menghadapi sengketa informasi berkaitan dengan Pemilihan Umum Serentak Tahun 2019.

Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara mengucapkan selamat atas pengenalan Maskot KI Pusat. Rudiantara mengaharapkan menjadi pendorong peningkatan keterbukaan informasi publik yang lebih luas di Indonesia untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam perumusan kebijakan publik.

“Semoga menjadi pemicu bagi peningkatan pelaksanaan keterbukaan informasi publik yang lebih luas di tanah air. Keterbukaan informasi lembaga pemerintah dan non pemerintah dapat meningkatkan partisipasi masyarakat dalam menentukan kebijakan publik,” ujarnya saat peluncuran maskot yang dirilis Sekretariat KI Pusat dalam gelaran KominfoNext di Hall Basket GBK Senayan, Jakarta, Kamis (31/01/2019).

Peluncuran dilakukan oleh Plt. Sekretaris KI Pusat Bambang Sigit Nugroho disaksikan langsung Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara dan Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik Rosarita Niken Widiastuti serta seluruh pegawai Kementerian Kominfo. Maskot itu ditargetkan untuk mempermudah publik dan masyarakat luas mengenali KI Pusat sebagai lembaga negara yang bertugas melaksanakan Keterbukaan Informasi Publik di tanah air.

Mas KIP bernama Saki, Mbak KIP bernama Sasi. Keduanya menjadi nama maskot yang mewakili pengambaran laki-laki dan perempuan dengan wajah berbentuk gembok terbuka. Gembok terbuka menandakan kesiapan KI Pusat memasuki era keterbukaan informasi. Sementara seragam baru yang dikenakan menunjukkan bahwa seluruh jajaran KI Pusat siap turun ke masyarakat untuk bekerja keras, ikhlas, dan profesional. Selain itu kedua maskot juga dilengkapi dengan palu, simbol komitmen KI Pusat dalam menjalankan tugas pokoknya menyelesaikan sengketa informasi publik.

Bambang Sigit Nugroho menjelaskan maskot KI Pusat digambarkan utuh kepala dengan kemeja biru dan dasi merah. “Maksudnya bisa mempertegas kemandirian dan profesionalisme KI Pusat dalam menjalankan tugas dan fungsinya. Terutama saat menerima, memeriksa, dan memutus sengketa informasi dari pemohon dan termohon di KI Pusat. Lengan kemeja yang digulung menandakan kesiapan bekerja keras, bekerja cerdas dan ikhlas,” jelasnya.

Saat peluncuran, Maskot Mas KIP dan Mbak KIP turut diiringi rombongan yang mengenakan kostum profesi berbeda-beda untuk menggambarkan keragaman masyarakat pengguna Informasi Publik, seperti mahasiswa, petani, dokter, birokrat, pelajar, hingga awak media. Hal itu menandakan keterbukaan informasi yang bisa digunakan oleh setiap warga Indonesia dari beragam latar belakang profesi.

Percepat Penyelesaian Sengketa Informasi Pemilu Serentak

Dalam mendukung pelaksanaan Pemilihan Umum Serentak Tahun 2019, KI Pusat menerbitkan Peraturan Komisi Informasi (PERKI) Nomor 1 Tahun 2018 tentang Standar Layanan dan Prosedur Penyelesaian Sengketa Informasi Pemilu. PERKI iitu merupakan penyempurnaan dari PERKI sebelumnya Nomor 1 tahun 2014, sekaligus untuk mendorong penyelenggaraan Pemilu yang lebih baik.

Menurut Bambang Sigit Nugroho, peraturan itu mempercepat pelaksanaan penyelesaian sengketa Pemilu. “Jika diluar sengketa pemilu dipatok waktu permohonan informasi ke badan publik selama 10 plus 7 hari dengan masa penyelesaian sengketa 100 hari di KI Pusat dan KI Daerah maka di Perki Pemilu waktu permohonan informasi hanya 2 plus 1 hari  dan masa penyelesaian sengketa cukup 14 hari saja,” jelasnya. 

Sebelumnya pada akhir November 2018 lalu, Komisioner Bidang Penyelesaian Sengketa Informasi KI Pusat, Arif Adi Kuswardono, menjelaskan ada beberapa aturan tambahan yang dimasukkan dalam Perki 2018 tersebut, termasuk percepatan jangka waktu menjawab pemohon yang awalnya 16 hari menjadi 14 hari. Selain itu Perki 2018 ini lebih rinci menjelaskan klasifikasi informasi, termasuk hak dan kewajiban dalam penyelenggaraan Pemilu Serentak 2019.

Ferdinandus Setu
Plt. Kepala Biro Humas Kementerian Kominfo
e-mail: humas@mail.kominfo.go.id
Telp/Fax : 021-3504024
Twitter @kemkominfo FB: @kemkominfo IG: @kemenkominfo
Sumber: www.kominfo.go.id


  • 0
DIP

PENINGKATAN PELAYANAN DAN KETERBUKAAN INFORMASI PUBLIK DI KABUPATEN SRAGEN

Category : Berita

       SRAGEN – Dalam rangka optimalisasi konten data dan informasi serta peningkatan pelayanan dan keterbukaan informasi, Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Kabupaten Sragen berkomitmen memenuhi penetapan Daftar Informasi Publik (DIP) sebelum bulan Mei 2019. Dengan mengidentifikasi dan menyusun informasi publik yang dikuasai dan terbuka melalui penetapan Daftar Informasi Publik Tahun 2019 serta melakukan uji konsekuensi terhadap informasi yang dikecualikan. “Srategi PPID Utama di Kabupaten Sragen  dalam penyusunan DIP dimulai dari klasifikasi informasi setiap saat, serta merta, berkala dan dikecualikan. Setelah itu pengumpulan data dari satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD). Serta untuk penetapan informasi yang dikecualikan diperlukan uji konsekuensi.”, ungkap PPID Utama Kabupaten Sragen, Rahmad Purwadi, SH, MM.

       Peran kerjasama PPID  seluruh Kabupaten/Kota dalam Peningkatan pelayanan dan keterbukaan Informasi Publik mengantarkan Jawa Tengah meraih prestasi sebagai Badan Publik Pemerintah Provinsi Kualifikasi Paling Informatif dengan nilai 96,95 dalam Pemeringkatan Keterbukaan Informasi Publik Tingkat Nasional Tahun 2018. Sebagai bentuk dukungan dari sisi media informasi akan dilakukan pemeliharaan website dan meyajikan informasi publik secara menarik dengan mengutamakan akurasi dan validitas data dalam website PPID Kabupaten/Kota.


  • 0
WhatsApp Image 2019-01-28 at 13.52.42

WASPADA DBD, ASN SRAGEN LAKUKAN PSN

Category : Berita

SRAGEN –  Menyikapi kondisi meningkatnya kejadian kasus penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD), maka untuk mempercepat, mensinergikan upaya promotif dan preventif, meningkatkan peran serta masyarakat dalam upaya menekan kasus penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD), Aparatur Sipil Negara (ASN) Kabupaten Sragen bersama masyarakat melakukan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) Wilayah Kecamatan Mondokan, Kabupaten Sragen, (Sabtu, 26/1/2019).

Gerakan PSN ini diyakini lebih ampuh daripada fogging sekaligus mengedukasi masyarakat untuk menjaga kebersihan lingkungan rumah masing-masing. Dan peringatan tentang bahaya DBD. Dengan mengatahui siklus nyamuk aedes aegypti adalah 10 hari, mulai dari telur hingga menjadi nyamuk dewasa, maka PSN yang dilakukan seminggu sekali sudah pasti bisa memutus siklus hidup nyamuk itu. Setiap tahun, kejadian penyakit demam berdarah dengue (DBD) di Indonesia cenderung meningkat pada pertengahan musim penghujan sekitar bulan Januari, dan cenderung turun pada bulan Februari hingga ke penghujung tahun.

Dalam penanganan DBD, peran serta masyarakat untuk menekan kasus ini sangat menentukan. Oleh karenanya program Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) dengan cara 3M Plus perlu terus dilakukan secara berkelanjutan sepanjang tahun khususnya pada musim penghujan. Program PSN, yaitu: 1) Menguras, adalah membersihkan tempat yang sering dijadikan tempat penampungan air seperti bak mandi, ember air, tempat penampungan air minum, penampung air lemari es dan lain-lain 2) Menutup, yaitu menutup rapat-rapat tempat-tempat penampungan air seperti drum, kendi, toren air, dan lain sebagainya; dan 3) Memanfaatkan kembali atau mendaur ulang barang bekas yang memiliki potensi untuk jadi tempat perkembangbiakan nyamuk penular Demam Berdarah.

Adapun yang dimaksud dengan 3M Plus adalah segala bentuk kegiatan pencegahan seperti 1) Menaburkan bubuk larvasida pada tempat penampungan air yang sulit dibersihkan; 2) Menggunakan obat nyamuk atau anti nyamuk; 3) Menggunakan kelambu saat tidur; 4) Memelihara ikan pemangsa jentik nyamuk; 5) Menanam tanaman pengusir nyamuk, 6) Mengatur cahaya dan ventilasi dalam rumah; 7) Menghindari kebiasaan menggantung pakaian di dalam rumah yang bisa menjadi tempat istirahat nyamuk, dan lain-lain.

PSN perlu ditingkatkan terutama pada musim penghujan dan pancaroba, karena meningkatnya curah hujan dapat meningkatkan tempat-tempat perkembangbiakan nyamuk penular DBD, sehingga seringkali menimbulkan kejadian luar biasa (KLB) terutama pada saat musim penghujan.


  • 0
laporan Tahunan 2018

PEMERINTAH KABUPATEN SRAGEN MENYAMPAIKAN LAPORAN PELAYANAN INFORMASI PUBLIK TAHUN 2018

Category : Berita

Dalam rangka pelaksanaan evaluasi pelayanan informasi publik tahun 2018 setiap PPID pada Badan Publik  bertugas menyusun  dan menyampaikan Laporan Pelayanan Informasi Publik dan Register Permohonan Informasi Publik Tahun 2018.

Hal tersebut berdasarkan Ketentuan pasal 22 C Ayat (2) huruf h Peraturan Gubernur Jawa Tengah Nomor 12 Tahun 2015 tentang Perubahan atas Peraturan Gubernur Jawa Tengah Nomor 47 Tahun 2012 tentang Petunjuk Pelaksanaan Peraturan Daerah Provinsi Jawa Tengah Nomor 6 tahun 2012 tentang Pelayanan Informasi Publik Penyelenggaraan Pemerintaha Daerah Provinsi Jawa Tengah, bahwa PPID Pembantu diantaranya mempunyai tugas memberikan laporan tentang pengelolaan informasi yang ada di lingkungannya kepada PPID Utama secara berkala.

Begitu pula PPID Pemerintah Kabupaten Sragen telah menyusun dan melaporkan Laporan Pelayanan Informasi Publik dan Register Permohonan Informasi Publik Tahun 2018 dengan tepat waktu. Sebanyak 35 Kabupaten/Kota berkewajiban menyampaiakn Laporan Tahunan PPID kepada Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Tengah. Laporan Pelayanan Informasi Publik dan Register Permohonan Informasi Publik Tahun 2018 PPID Pemerintah Kabupaten Sragen bisa dilihat di http://ppid.sragenkab.go.id/?page_id=143.


  • 0
rakor ppid prov 5 des 2018

RAPAT KOORDINASI DAN EVALUASI PENGUATAN KELEMBAGAAN PPID

Category : Berita

Dinas Komunikasi dan Informatika Jawa Tengah menyelenggarakan Rapat Koordinasi dan Evaluasi Penguatan Kelembagaan PPID se Jawa Tengah Tahun 2018 pada tanggal 5 Desember 2018 di Semarang. Tujuan kegiatan tersebut adalah mewujudkan PPID yang berkompeten dalam rangka melaksanakan Undang undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik. Materi dapat didownload di http://ppid.sragenkab.go.id/?page_id=143


  • 0
narasumber bimtek_252

TINGKATKAN PELAYANAN INFORMASI PUBLIK, 60 PPID PEMBANTU AKTIF MENGIKUTI BIMTEK PPID DI KABUPATEN SRAGEN

Category : Berita

Sragen – Sebanyak 60 orang Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi aktif mengikuti Bimbingan Teknis PPID Pembantu Tahun 2018. Kegiatan yang diselenggarakan oleh Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Sragen ini diikuti oleh 40 orang Sekretaris Badan/Dinas  dan 20 orang sekretaris desa yang ditunjuk mewakili masing masing kecamatan. Kegiatan dilaksanakan  pada tanggal 27 November 2018 di Ruang Ops Room Kompleks  Sekretariat Daerah Kabupaten Sragen.

Kegiatan Bimbingan Teknis PPID Pembantu Tahun 2018 menghadirkan Narasumber Drs. Sosiawan,  Ketua Komisi Informasi Provinsi Jawa Tengah dengan materi Keterbukaan Informasi Badan Publik, Dr. Agus Riwanto, Dosen Hukum Tata Negara Fakultas Hukum Universitas Negeri Sebelas Maret, dengan materi Aspek Hukum Keterbukaan Informasi Badan Publik dan Muh. Yulianto, S.H, M.Si, Kepala Bagian Hukum Setda Kabupaten  Sragen, dengan Materi Optimalisasi Peran PPID. Materi dapat didownload di http://ppid.sragenkab.go.id/?page_id=143


  • 0
dukcapil

BUPATI SRAGEN LAUNCHING MOBIL PELAYANAN GISA DISDUKCAPIL

Category : Berita

SRAGEN – Bupati Sragen dr. Kusdinar Untung Yuni Sukowati (Mbak Yuni) didampingi Wakil Bupati Sragen Dedy Endriyatno,SE (Mas Dedy), melaunching Mobil Pelayanan Keliling Gerakan Indonesia Sadar Adminduk (GISA) oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kab. Sragen di halaman Disdukcapil Sragen, pagi tadi, Jumat (11/05).

Peresmian mobil pelayanan keliling resmi disaksikan oleh Sekda Sragen Drs. Tatag Prabawanto,MM dan Kepala Disdukcapil Kab. Sragen Ir. Haryanto Wahyu Lwiyanto, MM serta pejabat Pemkab lainnya.

Peluncuran kendaraan operasional atau mobil GISA tersebut untuk membantu masyarakat yang membutuhkan pelayanan KK, e-KTP, Akte Kelahiran, perpindahan dan lainnya.

Kepala Disdukcapil Kab. Sragen Ir. Haryanto Wahyu Lwiyanto,MM, menyampaikan bahwa mobil akan berfungsi sebagai sarana untuk membantu operasional pelayanan dokumen kependudukan dengan cara jemput bola ke-20 kecamatan di Kab. Sragen.

“Kami nanti akan lakukan jemput bola, pada 208 Desa/Kelurahan, dan pada kegiatan Car Free Day maupun kegiatan – kegiatan yang mendukung seperti kegiatan Tilik Kembang Desa (TKD),” terangnya.

“Untuk masyarakat yang jauh jaraknya ke pusat kabupaten, tentu akan merasa senang serta terbantu jika ada mobil keliling datang langsung ke lokasi untuk memberi pelayanan, tidak perlu datang ke Disdukcapil,” imbuhnya.

Dalam sambutannya, Bupati Sragen dr. Kusdinar Untung Yuni Sukowati (Mbak Yuni) meminta seluruh kecamatan di Kab. Sragen agar bersinergi dengan inovasi baru tersebut. Mobil keliling akan datang ke kecamatan dan memberikan pelayanan administrasi kependudukan yang dibutuhkan warga.

“Manfaatkan sebaik – baiknya, seperti pada pra-launching kemarin, sudah bagus sekali. Saya minta pada kecamatan – kecamatan di Kabupaten Sragen ada schedule keliling untuk jemput bola.” tutur Mbak Yuni.

Mbak Yuni berharap dengan adanya mobil pelayanan keliling dokumen kependudukan ini dapat membantu dan memudahkan masyarakat dalam melakukan administrasi kependudukan, terutama bagi masyarakat yang aksesnya jauh,

“Pelayanan untuk masyarakat di tingkat kecamatan sangat perlu, dengan adanya mobil pelayanan keliling ini diharapkan pelayanan di tingkat kecamatan yang sulit dijangkau dapat berjalan dengan baik dan cepat” jelasnya.

Dalam launching mobil pelayanan keliling ini, Mbak Yuni menghimbau kepada petugas pelayanan agar benar-benar menjaga mobil dengan baik dan melakukan pelayanan dengan ikhlas.

Sebelumnya, Disdukcapil sudah pernah melakukan pra-launching mobil keliling pada beberapa waktu lalu di Ds. Pungsari dan mendapat feedback yang baik dari masyarakat sekitar.

Selain itu, Mobil GISA ini juga dilengkapi fasilitas yang dapat menunjang kepengurusan administrasi kependudukan. Peluncuran mobil ditandai dengan pemotongan pita dan pelepasan balon oleh Bupati Sragen didampingi Wakil Bupati Sragen.


  • 0
bahasa indonesia

40 ASN KAB SRAGEN IKUTI PENYULUHAN BAHASA MEDIA LUAR RUANG

Category : Berita

Sragen – Asisten III Ir. Simon Nugroho membuka kegiatan Penyuluhan Penggunaan Bahasa Media Luar Ruang di Aula Pertemuan RM Ayam tentrem Sragen, Kamis(03/05). Penyuluhan ini merupakan kerjasama Balai Bahasa Provinsi Jawa Jengah dengan Pemerintah Kabupaten Sragen, kegiatan tersebut juga diikuti sebanyak 40 peserta dari OPD dan kecamatan Kabupaten Sragen mengikuti kegiatan yng berlangsung tanggal 3-4 Mei 2018 tersebut.

Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan informasi kebahasaan dan meningkatkan kemampuan dan keterampilan peserta dan kedepan untuk lebih menertibkan pengutamaan pengguanan bahasa Indonesia.

Dalam pengarahannya Simon Nugroho mengharapkan para peserta bisa mengikuti dengan baik dan bisa mengimplementasikan ke depan dalam penggunaannya secara resmi dan menularkan ilmu ke kawan lain.

“Harapan kami kegiatan seperti ini bisa dilaksanakan secara berlanjut dengan partisipan yang berbeda, agar kita memiliki acuan dalam penggunanan bahasa yang baik dan benar terutama dalam bahasa surat menyurat yaitu mengacu pada informasi yang diberikan oleh Balai Bahasa”, ungkap Simon Nugroho.

Sementara itu Kepala Balai Bahasa Jawa Tengah Dr Tirto Suwondo, M Hum mengatakan dari pantauan yang dilaksanakan selama ini banyak ditemukan pemakaian Bahasa Indonesia yang kurang baik, di Media Luar Ruang. Untuk itulah Balai Bahasa perlu memberi pencerahan agar anak bangsa menggunakan bahasa secara baik dan benar.

“Penggunaan bahasa sudah diatur dalam Undang undang RI nomor 24 Tahun 2009, tentang Bendera, Bahasa, dan Lambang Negara, Serta Lagu Kebangsaan, namun masih belum dijunjung tinggi,” katanya.

Selama dua hari pelaksanaan penyuluhan ini peserta dibekali dengan pengetahuan dari mulai bentuk kata, pembentukan kata, pilihan kata, peristilahan Bahasa Indonesia, penyusunan kalimat, paragraf, penggunaan ejaan Bahasa Indonesia dan penerapan Bahasa Indonesia yang baik dan benar pada media luar ruang.


  • 0
jumbara

JUMBARA SEBAGAI BEKAL KEHIDUPAN DI MASA DEPAN

Category : Berita

Sragen – Pemerintah Kabupaten Sragen mengapresiasi atas terlaksananya Jumbara (Jumpa Bhakti dan Gembira) tahun 2018. Dalam kegiatan tersebut, Wakil Bupati Sragen Dedy Endriyatno bertindak sebagai inspektur upacara sekaligus membuka Jumbara PMR Sragen I tahun 2018 di Lapangan SMK Negeri 1 Kedawung , Senin (30/04).

Dalam pengarahannya Wabup menyampaikan “Kami berharap bisa dilaksanakan secara kontinue dan terus meningkat dan juga berkolerasi pada pengingkatan kapasitas dan kapabilitas PMR setiap tahunnya”

“Anak-anakku yang saya cintai kegiatan Jumbara jangan dikira hanya sekedar kegiatan biasa, kegiatan ini sangat baik sebagai bekal kehidupan kita di waktu yang akan datang dalam berorganisasi, bersosialisasi, dalam rangka meningkatkan interpersonal kita dan membangun hubungan baik sesama manusia”.

PMR yang digawangi oleh PMI Sragen adalah bagian upaya untuk membentuk karakter anak-anak muda, karakter generasi muda saat ini yang memegang tambuk kepemimpinan masa depan Indonesia yang akan datang, sehingga masa depan Indonesia ditentukan seberapa kualitas anak muda saat ini yang pada gilirannya nanti akan memegang kepemimpinan Indonesia.

Berbagai permasalahan kehidupan, dinamika yang dihadapi setiap harinya, yang dibutuhkan masa depan Sragen adalah calon-calon generasi baru/gen baru pemimpin Indonesia masa depan yang memiliki tulang punggung yang kuat, otak cerdas dan hati yang bersih.

“Saya berharap dan percaya, peserta Jumbara tahun ini adalah masa depan Indonesia, otaknya, hatinya dan tulang punggungnya Indonesia yang akan datang” jelasnya.

“Maka ikutilah kegiatan ini dengan penuh sukacita, ikuti semua kegiatannya, ikuti semua arahan pelatihnya, karena kita tidak hanya dilatih utk sosialisasi atau berlatih untuk peduli sesama, tetapi juga berlatih untuk bekerja dalam sebuah tim yang baik.”

Wakil Bupati juga mengatakan bahwa yang dibutuhkan dalam sebuah Tim adalah kemampuan mengembangkan pemikiran positif, kemampuan mengelola ego, mengambangkan energi kolaborasi, berkoordinasi, berkontribusi, dan berkomunikasi secara produktif, komitmen menjaga kebersamaan dan juga dibutuhkan sikap bijak dari pemimpin dalam menyelesaikan permasalahan yang ada.

Sementara itu, Jumbadi Ketua Panitia penyelenggara menjelaskan bahwa untuk membangun karakter remaja, Jumbara juga bertujuan untuk mengasah kreatifitas melalui seni dan kewirausahaan, peserta terdiri dari  siswa SD, SMP, SMA/SMK sejumlah 1180 orang.

“Kegiatan Jumabar tahun ini dilaksanakan tanggal 29 April-1 Mei 2018 yang meliputi berbagai kegiatan yaitu Workshop Pembina dan Pengurus PMR, Workshop YABC/Seminar remaja, Travelling Kepalangmerahan, Kewirausahaan, publikasi dan informasi, ACT(Aksi Cepat Tepat), wahana kepelangmerahan, dan edutainment/pentas seni,” terangnya.