Monthly Archives: May 2018

  • 0
dukcapil

BUPATI SRAGEN LAUNCHING MOBIL PELAYANAN GISA DISDUKCAPIL

Category : Berita

SRAGEN – Bupati Sragen dr. Kusdinar Untung Yuni Sukowati (Mbak Yuni) didampingi Wakil Bupati Sragen Dedy Endriyatno,SE (Mas Dedy), melaunching Mobil Pelayanan Keliling Gerakan Indonesia Sadar Adminduk (GISA) oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kab. Sragen di halaman Disdukcapil Sragen, pagi tadi, Jumat (11/05).

Peresmian mobil pelayanan keliling resmi disaksikan oleh Sekda Sragen Drs. Tatag Prabawanto,MM dan Kepala Disdukcapil Kab. Sragen Ir. Haryanto Wahyu Lwiyanto, MM serta pejabat Pemkab lainnya.

Peluncuran kendaraan operasional atau mobil GISA tersebut untuk membantu masyarakat yang membutuhkan pelayanan KK, e-KTP, Akte Kelahiran, perpindahan dan lainnya.

Kepala Disdukcapil Kab. Sragen Ir. Haryanto Wahyu Lwiyanto,MM, menyampaikan bahwa mobil akan berfungsi sebagai sarana untuk membantu operasional pelayanan dokumen kependudukan dengan cara jemput bola ke-20 kecamatan di Kab. Sragen.

“Kami nanti akan lakukan jemput bola, pada 208 Desa/Kelurahan, dan pada kegiatan Car Free Day maupun kegiatan – kegiatan yang mendukung seperti kegiatan Tilik Kembang Desa (TKD),” terangnya.

“Untuk masyarakat yang jauh jaraknya ke pusat kabupaten, tentu akan merasa senang serta terbantu jika ada mobil keliling datang langsung ke lokasi untuk memberi pelayanan, tidak perlu datang ke Disdukcapil,” imbuhnya.

Dalam sambutannya, Bupati Sragen dr. Kusdinar Untung Yuni Sukowati (Mbak Yuni) meminta seluruh kecamatan di Kab. Sragen agar bersinergi dengan inovasi baru tersebut. Mobil keliling akan datang ke kecamatan dan memberikan pelayanan administrasi kependudukan yang dibutuhkan warga.

“Manfaatkan sebaik – baiknya, seperti pada pra-launching kemarin, sudah bagus sekali. Saya minta pada kecamatan – kecamatan di Kabupaten Sragen ada schedule keliling untuk jemput bola.” tutur Mbak Yuni.

Mbak Yuni berharap dengan adanya mobil pelayanan keliling dokumen kependudukan ini dapat membantu dan memudahkan masyarakat dalam melakukan administrasi kependudukan, terutama bagi masyarakat yang aksesnya jauh,

“Pelayanan untuk masyarakat di tingkat kecamatan sangat perlu, dengan adanya mobil pelayanan keliling ini diharapkan pelayanan di tingkat kecamatan yang sulit dijangkau dapat berjalan dengan baik dan cepat” jelasnya.

Dalam launching mobil pelayanan keliling ini, Mbak Yuni menghimbau kepada petugas pelayanan agar benar-benar menjaga mobil dengan baik dan melakukan pelayanan dengan ikhlas.

Sebelumnya, Disdukcapil sudah pernah melakukan pra-launching mobil keliling pada beberapa waktu lalu di Ds. Pungsari dan mendapat feedback yang baik dari masyarakat sekitar.

Selain itu, Mobil GISA ini juga dilengkapi fasilitas yang dapat menunjang kepengurusan administrasi kependudukan. Peluncuran mobil ditandai dengan pemotongan pita dan pelepasan balon oleh Bupati Sragen didampingi Wakil Bupati Sragen.


  • 0
bahasa indonesia

40 ASN KAB SRAGEN IKUTI PENYULUHAN BAHASA MEDIA LUAR RUANG

Category : Berita

Sragen – Asisten III Ir. Simon Nugroho membuka kegiatan Penyuluhan Penggunaan Bahasa Media Luar Ruang di Aula Pertemuan RM Ayam tentrem Sragen, Kamis(03/05). Penyuluhan ini merupakan kerjasama Balai Bahasa Provinsi Jawa Jengah dengan Pemerintah Kabupaten Sragen, kegiatan tersebut juga diikuti sebanyak 40 peserta dari OPD dan kecamatan Kabupaten Sragen mengikuti kegiatan yng berlangsung tanggal 3-4 Mei 2018 tersebut.

Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan informasi kebahasaan dan meningkatkan kemampuan dan keterampilan peserta dan kedepan untuk lebih menertibkan pengutamaan pengguanan bahasa Indonesia.

Dalam pengarahannya Simon Nugroho mengharapkan para peserta bisa mengikuti dengan baik dan bisa mengimplementasikan ke depan dalam penggunaannya secara resmi dan menularkan ilmu ke kawan lain.

“Harapan kami kegiatan seperti ini bisa dilaksanakan secara berlanjut dengan partisipan yang berbeda, agar kita memiliki acuan dalam penggunanan bahasa yang baik dan benar terutama dalam bahasa surat menyurat yaitu mengacu pada informasi yang diberikan oleh Balai Bahasa”, ungkap Simon Nugroho.

Sementara itu Kepala Balai Bahasa Jawa Tengah Dr Tirto Suwondo, M Hum mengatakan dari pantauan yang dilaksanakan selama ini banyak ditemukan pemakaian Bahasa Indonesia yang kurang baik, di Media Luar Ruang. Untuk itulah Balai Bahasa perlu memberi pencerahan agar anak bangsa menggunakan bahasa secara baik dan benar.

“Penggunaan bahasa sudah diatur dalam Undang undang RI nomor 24 Tahun 2009, tentang Bendera, Bahasa, dan Lambang Negara, Serta Lagu Kebangsaan, namun masih belum dijunjung tinggi,” katanya.

Selama dua hari pelaksanaan penyuluhan ini peserta dibekali dengan pengetahuan dari mulai bentuk kata, pembentukan kata, pilihan kata, peristilahan Bahasa Indonesia, penyusunan kalimat, paragraf, penggunaan ejaan Bahasa Indonesia dan penerapan Bahasa Indonesia yang baik dan benar pada media luar ruang.


  • 0
jumbara

JUMBARA SEBAGAI BEKAL KEHIDUPAN DI MASA DEPAN

Category : Berita

Sragen – Pemerintah Kabupaten Sragen mengapresiasi atas terlaksananya Jumbara (Jumpa Bhakti dan Gembira) tahun 2018. Dalam kegiatan tersebut, Wakil Bupati Sragen Dedy Endriyatno bertindak sebagai inspektur upacara sekaligus membuka Jumbara PMR Sragen I tahun 2018 di Lapangan SMK Negeri 1 Kedawung , Senin (30/04).

Dalam pengarahannya Wabup menyampaikan “Kami berharap bisa dilaksanakan secara kontinue dan terus meningkat dan juga berkolerasi pada pengingkatan kapasitas dan kapabilitas PMR setiap tahunnya”

“Anak-anakku yang saya cintai kegiatan Jumbara jangan dikira hanya sekedar kegiatan biasa, kegiatan ini sangat baik sebagai bekal kehidupan kita di waktu yang akan datang dalam berorganisasi, bersosialisasi, dalam rangka meningkatkan interpersonal kita dan membangun hubungan baik sesama manusia”.

PMR yang digawangi oleh PMI Sragen adalah bagian upaya untuk membentuk karakter anak-anak muda, karakter generasi muda saat ini yang memegang tambuk kepemimpinan masa depan Indonesia yang akan datang, sehingga masa depan Indonesia ditentukan seberapa kualitas anak muda saat ini yang pada gilirannya nanti akan memegang kepemimpinan Indonesia.

Berbagai permasalahan kehidupan, dinamika yang dihadapi setiap harinya, yang dibutuhkan masa depan Sragen adalah calon-calon generasi baru/gen baru pemimpin Indonesia masa depan yang memiliki tulang punggung yang kuat, otak cerdas dan hati yang bersih.

“Saya berharap dan percaya, peserta Jumbara tahun ini adalah masa depan Indonesia, otaknya, hatinya dan tulang punggungnya Indonesia yang akan datang” jelasnya.

“Maka ikutilah kegiatan ini dengan penuh sukacita, ikuti semua kegiatannya, ikuti semua arahan pelatihnya, karena kita tidak hanya dilatih utk sosialisasi atau berlatih untuk peduli sesama, tetapi juga berlatih untuk bekerja dalam sebuah tim yang baik.”

Wakil Bupati juga mengatakan bahwa yang dibutuhkan dalam sebuah Tim adalah kemampuan mengembangkan pemikiran positif, kemampuan mengelola ego, mengambangkan energi kolaborasi, berkoordinasi, berkontribusi, dan berkomunikasi secara produktif, komitmen menjaga kebersamaan dan juga dibutuhkan sikap bijak dari pemimpin dalam menyelesaikan permasalahan yang ada.

Sementara itu, Jumbadi Ketua Panitia penyelenggara menjelaskan bahwa untuk membangun karakter remaja, Jumbara juga bertujuan untuk mengasah kreatifitas melalui seni dan kewirausahaan, peserta terdiri dari  siswa SD, SMP, SMA/SMK sejumlah 1180 orang.

“Kegiatan Jumabar tahun ini dilaksanakan tanggal 29 April-1 Mei 2018 yang meliputi berbagai kegiatan yaitu Workshop Pembina dan Pengurus PMR, Workshop YABC/Seminar remaja, Travelling Kepalangmerahan, Kewirausahaan, publikasi dan informasi, ACT(Aksi Cepat Tepat), wahana kepelangmerahan, dan edutainment/pentas seni,” terangnya.