Monthly Archives: January 2019

  • 0
DIP

PENINGKATAN PELAYANAN DAN KETERBUKAAN INFORMASI PUBLIK DI KABUPATEN SRAGEN

Category : Berita

       SRAGEN – Dalam rangka optimalisasi konten data dan informasi serta peningkatan pelayanan dan keterbukaan informasi, Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Kabupaten Sragen berkomitmen memenuhi penetapan Daftar Informasi Publik (DIP) sebelum bulan Mei 2019. Dengan mengidentifikasi dan menyusun informasi publik yang dikuasai dan terbuka melalui penetapan Daftar Informasi Publik Tahun 2019 serta melakukan uji konsekuensi terhadap informasi yang dikecualikan. “Srategi PPID Utama di Kabupaten Sragen  dalam penyusunan DIP dimulai dari klasifikasi informasi setiap saat, serta merta, berkala dan dikecualikan. Setelah itu pengumpulan data dari satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD). Serta untuk penetapan informasi yang dikecualikan diperlukan uji konsekuensi.”, ungkap PPID Utama Kabupaten Sragen, Rahmad Purwadi, SH, MM.

       Peran kerjasama PPID  seluruh Kabupaten/Kota dalam Peningkatan pelayanan dan keterbukaan Informasi Publik mengantarkan Jawa Tengah meraih prestasi sebagai Badan Publik Pemerintah Provinsi Kualifikasi Paling Informatif dengan nilai 96,95 dalam Pemeringkatan Keterbukaan Informasi Publik Tingkat Nasional Tahun 2018. Sebagai bentuk dukungan dari sisi media informasi akan dilakukan pemeliharaan website dan meyajikan informasi publik secara menarik dengan mengutamakan akurasi dan validitas data dalam website PPID Kabupaten/Kota.


  • 0
WhatsApp Image 2019-01-28 at 13.52.42

WASPADA DBD, ASN SRAGEN LAKUKAN PSN

Category : Berita

SRAGEN –  Menyikapi kondisi meningkatnya kejadian kasus penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD), maka untuk mempercepat, mensinergikan upaya promotif dan preventif, meningkatkan peran serta masyarakat dalam upaya menekan kasus penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD), Aparatur Sipil Negara (ASN) Kabupaten Sragen bersama masyarakat melakukan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) Wilayah Kecamatan Mondokan, Kabupaten Sragen, (Sabtu, 26/1/2019).

Gerakan PSN ini diyakini lebih ampuh daripada fogging sekaligus mengedukasi masyarakat untuk menjaga kebersihan lingkungan rumah masing-masing. Dan peringatan tentang bahaya DBD. Dengan mengatahui siklus nyamuk aedes aegypti adalah 10 hari, mulai dari telur hingga menjadi nyamuk dewasa, maka PSN yang dilakukan seminggu sekali sudah pasti bisa memutus siklus hidup nyamuk itu. Setiap tahun, kejadian penyakit demam berdarah dengue (DBD) di Indonesia cenderung meningkat pada pertengahan musim penghujan sekitar bulan Januari, dan cenderung turun pada bulan Februari hingga ke penghujung tahun.

Dalam penanganan DBD, peran serta masyarakat untuk menekan kasus ini sangat menentukan. Oleh karenanya program Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) dengan cara 3M Plus perlu terus dilakukan secara berkelanjutan sepanjang tahun khususnya pada musim penghujan. Program PSN, yaitu: 1) Menguras, adalah membersihkan tempat yang sering dijadikan tempat penampungan air seperti bak mandi, ember air, tempat penampungan air minum, penampung air lemari es dan lain-lain 2) Menutup, yaitu menutup rapat-rapat tempat-tempat penampungan air seperti drum, kendi, toren air, dan lain sebagainya; dan 3) Memanfaatkan kembali atau mendaur ulang barang bekas yang memiliki potensi untuk jadi tempat perkembangbiakan nyamuk penular Demam Berdarah.

Adapun yang dimaksud dengan 3M Plus adalah segala bentuk kegiatan pencegahan seperti 1) Menaburkan bubuk larvasida pada tempat penampungan air yang sulit dibersihkan; 2) Menggunakan obat nyamuk atau anti nyamuk; 3) Menggunakan kelambu saat tidur; 4) Memelihara ikan pemangsa jentik nyamuk; 5) Menanam tanaman pengusir nyamuk, 6) Mengatur cahaya dan ventilasi dalam rumah; 7) Menghindari kebiasaan menggantung pakaian di dalam rumah yang bisa menjadi tempat istirahat nyamuk, dan lain-lain.

PSN perlu ditingkatkan terutama pada musim penghujan dan pancaroba, karena meningkatnya curah hujan dapat meningkatkan tempat-tempat perkembangbiakan nyamuk penular DBD, sehingga seringkali menimbulkan kejadian luar biasa (KLB) terutama pada saat musim penghujan.


  • 0
laporan Tahunan 2018

PEMERINTAH KABUPATEN SRAGEN MENYAMPAIKAN LAPORAN PELAYANAN INFORMASI PUBLIK TAHUN 2018

Category : Berita

Dalam rangka pelaksanaan evaluasi pelayanan informasi publik tahun 2018 setiap PPID pada Badan Publik  bertugas menyusun  dan menyampaikan Laporan Pelayanan Informasi Publik dan Register Permohonan Informasi Publik Tahun 2018.

Hal tersebut berdasarkan Ketentuan pasal 22 C Ayat (2) huruf h Peraturan Gubernur Jawa Tengah Nomor 12 Tahun 2015 tentang Perubahan atas Peraturan Gubernur Jawa Tengah Nomor 47 Tahun 2012 tentang Petunjuk Pelaksanaan Peraturan Daerah Provinsi Jawa Tengah Nomor 6 tahun 2012 tentang Pelayanan Informasi Publik Penyelenggaraan Pemerintaha Daerah Provinsi Jawa Tengah, bahwa PPID Pembantu diantaranya mempunyai tugas memberikan laporan tentang pengelolaan informasi yang ada di lingkungannya kepada PPID Utama secara berkala.

Begitu pula PPID Pemerintah Kabupaten Sragen telah menyusun dan melaporkan Laporan Pelayanan Informasi Publik dan Register Permohonan Informasi Publik Tahun 2018 dengan tepat waktu. Sebanyak 35 Kabupaten/Kota berkewajiban menyampaiakn Laporan Tahunan PPID kepada Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Tengah. Laporan Pelayanan Informasi Publik dan Register Permohonan Informasi Publik Tahun 2018 PPID Pemerintah Kabupaten Sragen bisa dilihat di http://ppid.sragenkab.go.id/?page_id=143.


  • 0
rakor ppid prov 5 des 2018

RAPAT KOORDINASI DAN EVALUASI PENGUATAN KELEMBAGAAN PPID

Category : Berita

Dinas Komunikasi dan Informatika Jawa Tengah menyelenggarakan Rapat Koordinasi dan Evaluasi Penguatan Kelembagaan PPID se Jawa Tengah Tahun 2018 pada tanggal 5 Desember 2018 di Semarang. Tujuan kegiatan tersebut adalah mewujudkan PPID yang berkompeten dalam rangka melaksanakan Undang undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik. Materi dapat didownload di http://ppid.sragenkab.go.id/?page_id=143


  • 0
narasumber bimtek_252

TINGKATKAN PELAYANAN INFORMASI PUBLIK, 60 PPID PEMBANTU AKTIF MENGIKUTI BIMTEK PPID DI KABUPATEN SRAGEN

Category : Berita

Sragen – Sebanyak 60 orang Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi aktif mengikuti Bimbingan Teknis PPID Pembantu Tahun 2018. Kegiatan yang diselenggarakan oleh Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Sragen ini diikuti oleh 40 orang Sekretaris Badan/Dinas  dan 20 orang sekretaris desa yang ditunjuk mewakili masing masing kecamatan. Kegiatan dilaksanakan  pada tanggal 27 November 2018 di Ruang Ops Room Kompleks  Sekretariat Daerah Kabupaten Sragen.

Kegiatan Bimbingan Teknis PPID Pembantu Tahun 2018 menghadirkan Narasumber Drs. Sosiawan,  Ketua Komisi Informasi Provinsi Jawa Tengah dengan materi Keterbukaan Informasi Badan Publik, Dr. Agus Riwanto, Dosen Hukum Tata Negara Fakultas Hukum Universitas Negeri Sebelas Maret, dengan materi Aspek Hukum Keterbukaan Informasi Badan Publik dan Muh. Yulianto, S.H, M.Si, Kepala Bagian Hukum Setda Kabupaten  Sragen, dengan Materi Optimalisasi Peran PPID. Materi dapat didownload di http://ppid.sragenkab.go.id/?page_id=143