Daily Archives: 08/07/2019

  • 0
fk metra blora

SELEKSI FORUM KOMUNIKASI MEDIA TRADISIONAL (FK METRA) PROVINSI JAWA TENGAH DI KABUPATEN BLORA

Category : Berita

Blora – Forum Komunikasi Media Tradisional (FK Metra) Provinsi Jawa Tengah menggelar Seleksi Petunjukan Rakyat di Pendopo Rumah Dinas Bupati Blora, Jumat (5/7/2019). Acara dibuka dengan pemukulan gong dan diawali dengan pementasan seni barongan dari group Arengga Jaya Kecamatan Kunduran. Hadir pada acara, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Blora Sugiyono, Pengurus FK Metra Blora, Forkopimca dan pimpinan Organisasi Perangkat Daerah.

Kegiatan itu diikuti oleh 6 kelompok penyaji perwakilan dari FK Metra tingkat kota/kabupaten. Yaitu Kabupaten Cilacap, Kota Tegal, Kabupaten Pekalongan, Kabupaten Kendal, Kabupaten Sragen dan Kabupaten Blora sekaligus sebagai tuan rumah. Durasi maksimal 30 menit untuk setiap penampilan, para penyaji menampilkan aneka karya dan pesan publik.

Kepala Bidang Informasi dan Komunkasi Publik (Kabid IKP) Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo) Provinsi Jawa Tengah, Setyo Irawan, mengatakan, kegiatan seleksi tingkat provinsi ini merupakan kali ke lima yang sebelumnya telah diselenggarakan di beberapa kota di Jawa Tengah. FK Metra sebagai upaya untuk membangkitkan seni daerah sebagai media sosialisasi pembangunan, isu strategis dan desiminasi serta sebagai filterisasi pengaruh budaya asing. Seleksi yang diadakan di Blora ini merupakan seleksi yang ke lima. Sebelumnya sudah kami gelar di Temanggung, Salatiga, Batang dan Solo. Selanjutnya aka digelar di Purbalingga pada tanggal 7 Juli 2019, ungkapnya.

“Melalui media tradisional akan lebih efektif dan mudah mengena dalam penyampaian informasi kepada masyarakat, khususnya di tingkat grass road, daripada menghadirkan seperti Profesor untuk acara seminar atau sarasehan melalui pertunjukan rakyat akan lebih efektif,” jelasnya. Beliau berharap agar eksistensi dan seleksi FK Metra tidak hanya di tingkat kabupaten saja, tetapi juga merambah ke tingkat kecamatan.

Kabupaten Sragen sendiri sudah mengawali seleksi Festival Pertunjukan Rakyat tingkat Kecamatan yang digelar mulai hari Minggu sampai dengan Selasa, tanggal 28 – 30 April 2019 mulai jam 19.30 WIB sampai dengan selesai, bertempat di Taman Kridoanggo Sragen yang diikuti 16 Kecamatan yang ada di Kabupaten Sragen. Kabupaten Sragen diwakili oleh Kecamatan Gesi dengen judul “Kethithik”. “Saring sebelum sharing. Itu pesan publik agar tidak terjebak hoaks atau berita palsu,” kata Agus Sulastyo, salah seorang penyaji pertunjukan rakyat dari Kabupaten Sragen.

Sekretaris Daerah Kabupaten Blora Komang Gede Irawadi sepakat dengan Kabid IKP Dinkominfo Prov Jateng terkait seleksi FK Metra di tingkat Kecamatan. “Kami sepakat dengan Kabid IKP Dinkominfo Prov Jateng. Blora juga harus menyelenggarakan seleksi FK Metra tingkat kecamatan,” tandasnya. Sekda Blora Komang Gede Irawadi membacakan sambutan Bupati Blora Djoko Nugroho. Dalam sambutannya, Bupati Blora menyampaikan, komunikasi yang menggunakan media tradisional memiliki peran penting dalam masyarakat. Pertunjukan rakyat biasanya menggunakan bahasa daerah setempat, sehingga informasi yang disebarluaskan melalui media tradisional ini mudah dipahami oleh masyarakat.

Diharapkan FK Metra mampu menjalin dan memelihara hubungan kemitraan antara komunitas media tradisional dengan masyarakat, pemerintah dan swasta.