Daily Archives: 02/09/2019

  • 0
pasar sribit

SENI PERTUNJUKAN RAKYAT, SRAWUNG PASAR TAMBAK

Category : Berita

SRAGEN – Seni Pertunjukkan Rakyat bertajuk “SRAWUNG PASAR TAMBAK” yang akan diselenggarakan oleh FK Metra Sukowati bekerjasama dengan masyarakat Ds. Sribit, Kec. Sidoharjo dengan Dinas Komunikasi dan Informatika Kab. Sragen. Acara ini akan berlangsung tanggal 4-5 September 2019 pukul 15.00 WIB – selesai, di Pasar Tambak Desa Sribit, Kec. Sidoharjo, Kab. Sragen.

Acara dibuka dengan Kirab Tumpeng Raksasa dan Karnaval Budaya yang dimeriahkan oleh Sinden Duo Rini. Sebelumnya acara ini diadakan 8 tahun (sewindu) sekali yang bertepatan pada 1 Suro di hari Jumat Wage. Mulai tahun 2019 dan tahun berikutnya, acara ini akan dijadikan sebagai acara rutin setiap tahunnya.

Rangkaian acara tersebut menampilkan berbagai kesenian dari berbagai sanggar, pada hari Rabu Tanggal 4 September 2019, menampilkan Sanggar Srikandi, Sanggar Tari Bromastra, Kurawa Voice Solo, Wayang Cokek Sragen. Hari Kamis, Tanggal 5 September 2019, menampilkan Opening Kirab Tumpeng Raksasa Dan Karnaval Budaya, Sanggar Tancep Karangmalang Sragen, Rodat Saren Kalijambe, Reog Pass Wetan Gondang, Buto Gedruk Sanggar Yaskid Pandan Wijaya Boyolali, Seni Tayub Kossasi Sidoharjo, dan ditutup dengan Kethoprak Sanggar Sedap Malam Sragen. Dengan adanya acara Srawung Pasar Tambak ini, semoga masyarakat bisa termotivasi untuk nguri-uri budaya jawa yang saat ini mulai luntur dan ditinggalkan oleh generasi milenial.