FESTIVAL PERTUNJUKAN RAKYAT MENGANGKAT KEARIFAN BUDAYA LOKAL

  • 0
bu yuni2

FESTIVAL PERTUNJUKAN RAKYAT MENGANGKAT KEARIFAN BUDAYA LOKAL

Category : Berita

Sragen – Dalam rangka penyebarluasan informasi kepada masyarakat, Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Sragen bekerjasama dengan Forum Komunikasi Media Tradisional (FK METRA) melaksanakan Diseminasi Informasi melalui Festival Pertunjukan Rakyat yang digelar mulai hari Minggu sampai dengan Selasa, tanggal 28 – 30 April 2019 mulai jam 19.30 WIB bertempat di Taman Kridoanggo Sragen. Berdasarkan technical meeting yang diadakan pada hari Kamis, tanggal 18 April 2019 yang diikuti 16 Kecamatan yang ada di Kabupaten Sragen, antara lain : Kecamatan Sragen, Kecamatan Kalijambe, Kecamatan Sambirejo, Kecamatan Tanon, Kecamatan Gesi, Kecamatan Sambungmacan, Kecamatan Kedawung, Kecamatan Plupuh, Kecamatan Miri, Kecamatan Ngrampal, Kecamatan Karangmalang, Kecamatan Tangen, Kecamatan Gondang, Kecamatan Sumberlawang, Kecamatan Gemolong dan Kecamatan Sidoharjo.

Festival pentunjukan rakyat dibuka oleh kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Sragen, Dra. Yuniarti, MH dengan mengajak pertunjukan rakyat sebagai sarana untuk menyampaikan informasi kepada masyarakat dan tetap guyub rukun, Minggu (28/4/2019). Sebagai sarana melestarikan budaya dan penyebarluasaan informasi kepada masyarakat, ujarnya.

Pertunjukan Rakyat merupakan media komunikasi dengan masyarakat dengan mengangkat kearifan budaya lokal, Diharapkan dengan adanya pertunjukan rakyat yang digelar di Kabupaten Sragen bisa menjadi sarana penyampaian informasi penanggulangan berita-berita hoaks dan penyampaian informasi terkait dengan hasil-hasil pembangunan yang dicapai pemerintah daerah kepada masyarakat, ujar Suratno, Kasi Media Komunikasi Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Sragen.
Pada pertunjukan hari pertama diikuti oleh 5 (lima) peserta, antara lain : Kecamatan Sragen dengen judul “Ketiban Surgo”, Kecamatan Kalijambe diwakili oleh Teater Sangir dengen judul “Butho Slenco”, Kecamatan Sambirejo dengen judul “Ledhek”, Kecamatan Tanon diwakili oleh MTS Negeri 2 Tanon dengan judul “Pak RT Tidak Bohong”, Kecamatan Gesi dengen judul “Kethithik”.

Dalam festival ini juga akan dipilih juara favorit, untuk menentukan juara favorit versi penonton bisa Whatsapp (WA) ke Nomor 085642145633 dengan format : pertunrasragen/namakecamatan.