MENGGALI POTENSI PELAJAR DAN MASYARAKAT DALAM LOMBA KRENOVA KABUPATEN SRAGEN 2019

  • 0
sma 2

MENGGALI POTENSI PELAJAR DAN MASYARAKAT DALAM LOMBA KRENOVA KABUPATEN SRAGEN 2019

Category : Berita

Sragen – Penghargaan Kreativitas dan Inovasi Masyarakat (KRENOVA) adalah bentuk apresiasi dari para mitra dan inovator yang secara nyata mendukung dalam memajukan produk inovasi untuk masyarakat luas. Sebagaimana tujuan awal bahwa fasilitasi Penyelenggaraan Lomba Krenova tidak hanya berhenti pada pemberian penghargaan saja, tetapi para pemenang lomba diberikan fasilitasi dan pembinaan, serta pendampingan menuju Perusahaan Pemula Berbasis Teknologi (PPBT), melalui kolaborasi antar lembaga penelitian, inkubator, Technopark dan Kabupaten/Kota. Selain itu, para peserta Lomba Krenova juga mendapatkan beberapa fasilitasi lanjutan, antara lain Pelatihan HKI, Hilirisasi Teknologi, Business Technology Center (BTC), Diseminasi dan Penyertaan Pameran, Layanan Inkubasi serta fasilitasi dalam program Perusahaan Pemula Berbasis Teknologi (PPBT) dari Kemenristekdikti. Dalam upaya meningkatkan kreativitas di bidang inovasi masyarakat perlu didorong untuk dapat menciptakan, merekayasa alat/produk yang dapat bermanfaat bagi masyarakat melalui lomba Krenova. Oleh karena itu, masyarakat perlu dipacu agar secara nyata dapat lebih kreatif dan inovatif, sehingga berkontribusi secara nyata bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Lomba Krenova Kabupaten Sragen tahun 2019 yang diselenggarakan selama 2 (dua) hari, hari Rabu dan Kamis, tanggal 24 – 25 Juli 2019, dibagi menjadi 2 (dua) kategori, pelajar dan umum. Peserta dari pelajar berjumlah 32 (tiga puluh dua) karya, sedangkan dari umum 14 (empat belas) karya, dengan total peserta 72 (tujuh puluh dua) orang. Yang terbagi dalam kelompok perorangan maupun kelompok. Tema Lomba Krenova meliputi bidang pertanian dan pangan, Rekayasa, Bidang IT, Kelautan dan perikanan, Energi dan lingkungan, Pendidikan dan sosial. Dari berbagai kategori ini akan dipilih Juara 1,2,3 dan harapan 1.

Pemenang/Juara Lomba Kreatifitas dan Inovasi Kabupaten Sragen Tahun 2019 ditetapkan dengan Keputusan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Penelitian dan Pengembangan Kabupaten Sragen Nomor 072.1/1375/034/2019 tanggal 26 Juli 2019 tentang Pemenang/Juara Lomba Kreatifitas dan Inovasi Kabupaten Sragen Tahun 2019 adalah sebagai berikut :

Kategori Pelajar

Juara 1 dari SMA N 2 Sragen, atas nama Farid Nur Raidananda, Dega Rofiyantama, dan Adil Fathi Setiono, dengan judul Sistem Rumah Pintar Smart Home, Bidang Teknologi Informasi.

Juara 2 dari SMP N 1 Sragen, atas nama Arfian Nova Hermawan dan Hosana Andy Kurniawan, dengan judul SEPI (Seed Planting Device), Bidang Rekayasa dan Manufaktur.

Juara 3 dari SMA N 3 Sragen, atas nama Amelia Risanti Hafsha dan Najla Ghinada Vhinasty, dengan judul Pembuatan Abon Bonggol Pisang Klutuk (ABOLPISTUK), Bidang Rekayasa dan Manufaktur.

Juara Harapan dari SMA N 1 Plupuh, atas nama Laras Setyo Panganthi, dengan judul KUBINOL (Kompor Uap Bio Ethanol), Bidang Rekayasa dan Manufaktur.

Kategori Umum

Juara 1 dari Umum, atas nama Inas Nabila Alhari dan Amelia Adiputri Diansari, dengan judul Rekayasa Pembuatan Sedotan Bungan Tebu (SEBAT), Bidang Pertanian dan Pangan.

Juara 2 dari Disdukcapil, atas nama Sinung, BS, dengan judul ATM (Anjungan Tempat Mencetak Kartu Identitas Anak), Bidang Teknologi Informasi.

Juara 3 dari Umum, atas nama Muhammad Ilham Alhari, Muhammad Yusuf N, dan Amanda Ardelia, dengan judul Water Level Monitoring yang terintergrasi dengan Aplikasi OIT (Internet OF Thing) untuk Penanganan Bencana Kekeringan di Kabupaten Sragen, Bidang Teknologi Informasi.

Juara Harapan dari Umum, atas nama Ahmad Yasir M, dengan judul Kompor Rakyat, Bidang Rekayasa dan Manufaktur.

Keputusan ini ditandatangai oleh Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Penelitian dan Pengembangan Kabupaten Sragen, Ir. Zubaidi, MM.

Lomba Kreatifitas dan Inovasi Kabupaten Sragen diharapan bisa menggali potensi putra daerah Sragen untuk berkreativitas  dan berinovasi sehingga berkontribusi secara nyata bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat Sragen khususnya.