Dari Bimtek Smart City Dinas Kominfo Kabupaten Sragen : SMART CITY, SMART CITIZEN

  • 0
smart2

Dari Bimtek Smart City Dinas Kominfo Kabupaten Sragen : SMART CITY, SMART CITIZEN

Category : Berita

SRAGEN- Sragen harus menjadi Smart City, bukan hanya kotanya yang smart. Warganya juga harus smart. Demikian disampaikan Sekda Sragen Tatag Prabawanto, dalam sambutannya.

Birokrasi juga harus smart, tambah Sekda. Tahun 2020 akan ada lomba desa/kelurahan untuk mencari  Desa Smart terbaik. Desa yang memiliki inovasi di berbagai bidang untuk kesejahteraan masyarakatnya.  Hadiah total lebih dari 4 milyar rupiah untuk desa / kelurahan terbaik pertama , kedua, dan ketiga. Hadiah sebesar ini akan diperebutkan oleh 196 desa dan 12 kelurahan.
Banyak aspek penilaian di berbagai bidang, kata Sekda,  bagaimana desa tersebut layak memperoleh gelar sebagai Desa Smart terbaik.
Kedepannya, pembangunan ini benar benar bisa tercapai dengan baik. “Smart birokrasi jalan, Smart Village jalan,” pungkasnya.

Bimtek ini adalah bimtek terakhir, dari rangkaian bimtek yang diadakan oleh Dinas Kominfo sesuai MOU dengan Kementerian Kominfo RI Tentang Gerakan Menuju 100 Smart City. Demikian disampaikan Kepala Dinas Kominfo Dra. Yuniarti, ketika membuka acara Bimbingan Tekhnis Tahap IV Getakan Menuju 100 Smart City Kabupaten Sragen, Senin (7/10) di Aula Sukowati. Bimtek ini diikuti oleh 120 peserta, yang berasal dari berbagai OPD di Kabupaten Sragen.

Bimtek juga diwarnai penandatanganan Komitment Bersama untuk mendukung terwujudnya Kabupaten Sragen menjadi salah satu dari 100 Smart City di Indonesia.

Bimtek yang digelar ini menghasilkan tiga quick win ( program unggulan ) Smart City yang dapat dilaksanakan pada tahun 2019.
Diantaranya,  TERMANIS (SISTEM INFORAMASI PERJALANAN DINAS ONLINE).  Sebuah sistem informasi untuk pengadministrasi dan monitoring Surat Perintah Perjalanan Dinas (SPPD) secara online.
Sistem ini selain mempercepat pengadministrasian SPPD, aplikasi TERMANIS juga bertujuan untuk mencegah terjadinya kesalahan administrasi dalam pembuatan SPPD, seperti tanggal berangkat dan tanggal kembali yang masih sering terjadi double data. Hasil print out SPPD dari aplikasi TERMANIS tidak dapat dipalsu karena dilengkapi dengan QRCODE yang memuat data-data SPPD.

Ada juga SRAGEN PINTAR (APLIKASI INFORMASI SEPUTAR SRAGEN BERBASIS ANDROID). Ini merupakan sebuah aplikasi berbasis android yang memuat berbagai informasi seperti perizinan, pelayanan kependudukan, pelayanan kesehatan, pendidikan, kuliner, pariwisata, fasilitas umum, lowongan pekerjaan.
Aplikasi Sragen Pintar sudah di integrasikan dengan beberapa aplikasi seperti kependudukan dan kesehatan dan dapat diunduh di playstore dan saat ini sudah tersedia versi 2.0.
Sistem ini mempermudah masyarakat untuk memperoleh pelayanan maupun informasi tentang sragen hanya dalam satu aplikasi. Aplikasi ini sudah di link kan dengan beberapa aplikasi pendaftaran online seperti perizinan, poliklinik RSUD Sragen, pelayanan kependudukan seperti akta kematian, akta kelahiran dan pembuatan KIA. Selain itu, aplikasi Sragen Pintar memuat GPS yang memudahkan masyarakat untuk traveling ke berbagai lokasi wisata, hotel, kuliner, sekolah, spbu, bengkel, cuci mobil, ahli kunci, fitness, rental mobil, salon, hingga karaoke keluarga yang ada di Kabupaten Sragen.

Yang ketiga, SIGAP TUNA SOSIAL
(AKSI TANGGAP CEPAT PENANGGULANGAN TUNA SOSIAL)
Ini merupakan sebuah sistem penanganan Masalah Tuna Sosial dengan cepat dan efektif yang dilaksanakan Tim Gerak Cepat Dinas Sosial Sragen dengan memanfaatkan Teknologi Biometrik yang terintegrasi dengan data SIMDUK
Sistem ini mampu memangkas waktu Identifikasi Tuna Sosial yang awalnya butuh waktu 4 sampai 5 hari sampai dapat seluruh data diri mereka, sekarang cukup 5 menit Identitas Tuna Sosial langsung dapat diketahui. Sehingga pengembalian Tuna Sosial tersebut ke keluarganya jauh lebih cepat dan tepat sasaran.