WAPRES REPUBLIK RAKYAT TIONGKOK WANG QISHAN KUNJUNGI MUSEUM PURBAKALA SANGIRAN

  • 0
sangiran

WAPRES REPUBLIK RAKYAT TIONGKOK WANG QISHAN KUNJUNGI MUSEUM PURBAKALA SANGIRAN

Category : Berita

SRAGEN – Wakil Presiden Republik Rakyat Tiongkok (RRT) Wang Qishan mengunjungi Museum Purbakala Sangiran yang berada di Krikilan, Kalijambe, Sragen, pada Jumat (18/10/2019) sore.

Dalam kunjungan ini, Wapres RRT Wang Qishan beserta rombongan didampingi Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin Maimoen, Pangdam IV Diponegoro Mayjen TNI Muhammad Effendi dan Wakalpolda Jateng Brigjen. Pol. Drs. Ahmad Luthfi,SH.,S.St.M.K.

Kedatangan Wapres RRT Wang Qishan dan rombongan disambut oleh Bupati Sragen dr. Kusdinar Untung Yuni Sukowati didampingi Wakil Bupati Dedy Endriyatno serta jajaran Forkopimda Sragen.

Kunjungan yang berlangsung selama 45 menit ini, Wapres RRT Wong Qishan mengelilingi sejumlah ruang display koleksi fosil aneka binatang purba, tumbuh-tumbuhan, manusia purba dan artefak peninggalan masa lalu.

Kepala Balai Pelestarian Situs Manusia Purba (BPSMP) Sangiran, Sragen, Muhammad Hidayat mengatakan Wapres RRT Wang Qishan basic-nya adalah seorang sejarawan, beliau tertarik berkunjung ke Museum Sangiran karena ingin tahu seperti apa koleksi benda purbakala dan jenis manusia/hewan purba yang ditemukan disini.

“Beliau tertarik berkunjung karena ada kesamaan manusia purba di Sangiran dengan manusia purba yang ada di Cina,” katanya.

Hidayat menambahkan akan ada rencana kerja sama pengembangan museum purbakala di dua negara.

“Dulu pernah dibicarakan mengenai bentuk kerja sama dalam hal penelitian, pameran bersama, penulisan ilmiah dan lain-lain. Setelah ini rencananya akan dibicarakan lagi bentuk kerja sama itu. Nanti akan ada koordinasi lebih lanjut untuk bahas itu,” jelas Hidayat.

Sementara Bupati Sragen dr. Kusdinar Untung Yuni Sukowati menyampaikan kunjungan Wapres RRT Wang Qishan ke situs purbakala Museum Sangiran untuk melihat kesamaan jenis manusia purba di Sangiran (Sragen, Indonesia) dengan yang ada di Cina.

“Ya tidak hanya piknik, Wapres Tiongkok mengunjungi Sangiran itu karena ada hal yang sama di Tiongkok dengan di Sangiran,” jelas Bupati Yuni.

Bupati Yuni berharap kunjungan Wapres ke Sangiran itu ada dampak positif terhadap ekonomi di Sragen.

“Saya berharap kunjungan Wapres Tiongkok itu ada peluang investasi untuk Sragen. Kami punya kawasan industri yang luas. Para pengusaha Tiongkok bisa berinvestasi di Sragen. Seperti pabrik mainan, itu bahannya juga dari Tiongkok. Kami terbuka asal jangan buat pabrik petasan di sini,” harap Bupati.