VISITASI BADAN PUBLIK PPID UTAMA KABUPATEN SRAGEN OLEH KOMISI INFORMASI JAWA TENGAH

  • 0
visitasi 2019

VISITASI BADAN PUBLIK PPID UTAMA KABUPATEN SRAGEN OLEH KOMISI INFORMASI JAWA TENGAH

Category : Berita

Sragen – PPID Utama Kabupaten Sragen dalam hal ini berada di Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Sragen mendapatkan kunjungan dalam rangka visitasi Pemeringkatan Badan Publik oleh Komisi Informasi Provinsi Jawa Tengah, Selasa (29/10/2019) bertempat di Ruang Sekretariat PPID Utama Kabupaten Sragen, rombongan dari Komisi Informasi Jawa Tengah dipimpin oleh Bapak Drs. Sosiawan yang merupakan Koordinator Bidang Kelembagaan dan Pelayanan Publik Komisi Informasi Provinsi Jawa Tengah.

Visitasi tersebut merupakan tindak lanjut dari penilaian Self Assesment Questionairre (SAQ) yang telah dikirimkan sebelumnya oleh PPID Utama Kabupaten Sragen. Komisi Informasi melakukan pengecakan data fisik mengenai keterbukaan informasi publik melalui PPID Pembantu.

Komisi Informasi Publik Provinsi Jawa Tengah adalah lembaga yuridiksi yang dibentuk sebagai implementasi penerapan Undang Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik.

Lembaga ini berfungsi menjalankan Undang-Undang Keterbukaan Informasi Publik dan Peraturan Pelaksanaannya, menetapkan petunjuk teknis standar Layanan Informasi Publik dan menyelesaikan Sengketa Informasi Publik melalui Mediasi dan/atau Ajudikasi nonlitigasi.

Sesuai dengan fungsi dan kewenangannya, Komisi Informasi Publik bertugas menerima, memeriksa, dan memutus permohonan penyelesaian sengketa informasi publik melalui mediasi dan atau ajudikasi nonlitigasi yang diajukan oleh setiap pemohon informasi publik yang merasa tidak puas dengan informasi publik yang dimintanya.

Keterbukaan terhadap informasi publik sudah menjadi keharusan dalam sebuah pemerintahan/instansi, terlebih saat ini masyarakat tengah berada dalam era digital, dimana untuk mengakses sebuah informasi dapat dilakukan dengan mudah. Keterbukaan informasi juga merupakan bentuk pelayanan kepada masyarakat. Oleh karena itu, PPID Utama Kabupaten Sragen berkomitmen untuk menjadi badan publik yang transparan.

Harapan kedepannya PPID Utama bersama PPID Pembantu bisa maksimal menjadi badan publik yang terbuka, transparan kepada masyarakat.