Peresmian Rumah Demokrasi Sragen

  • 0
Rumah Demokrasi4

Peresmian Rumah Demokrasi Sragen

Category : Berita

Sragen – Sabtu (1/04/2017) Peresmian Rumah Demokrasi / Rumah Pintar Pemilu Sragen  yang terletak di Komplek Kantor Komisi Pemilihan Umum ( KPU) Sragen, Jl. Letjen Sutoyo No. 74 Sragen, diresmikan oleh Komisioner KPU RI Drs. Ferry Kurnia Rizkiyansyah, S.IP. M.Si.  Kegiatan tersebut dihadiri oleh Wakil Bupati Sragen Dedy Endriyatno, Ketua DPRD Bambang Samekto, Ketua KPU Provinsi Jawa Tengah Drs. Joko Purnomo, Forkopimda, Kepala OPD Kabupaten Sragen, Organisasi Masyarakat dan Relawan Komunitas Mitra Peningkat Partisipasi Pemilih.

 

Pendirian Rumah Demikrasi merupakan salah satu fasilitas pendidikan pemilih yang dirancang KPU bernilai akulturatif bagi seluruh aktifitas edukasi pemilu bagi masyarakat. Rumah Demokrasi Sragen terdiri ruang simulasi TPS, ruang display, ruang audio visual, dan perpustakaan. Tujuan didirikan RDS sebagai wahana pendidikan demokrasi dan kepemiluan, destinasi wisata demokrasi kepemiluan, pusat studi baik riset maupun diskusi tentang demokrasi dan kepemiluan dan sebagai pusat penggiat demokrasi dan kepemiluan dalam beraktifitas, berdiskusi dan menelurkan pembaharuan tentang kepemiluan.

Dalam kegiatan tersebut Wakil Bupati mengapresiasi tentang pendirian rumah demokrasi Sragen sebagai tempat pendidikan berdemokrasi bagi masyarakat Sragen. “ kita harus berkaca pada pemilu tahun 2014 yang saling bersaing baik antara partai politik maupun antar perorangan didalam partai itu sendiri. Maka perlu memperbaiki regulasi dan cara berpolitik, yang menjadikan pemilu kedepan menjadi lebih baik”, kata Wakil Bupati

Ketua DPRD Sragen Bambang Samekto dalam sambutannya mengatakan, “tolok ukur keberhasilan KPU Sragen pada Pemilu kedepan adalah meningkatnya jumlah yang mengunakan hak pilihnya”

“Aktifitas Pemilu tidak hanya dilakukan di internal KPU saja tetapi bisa dilaksanakan di kantor-kantor, lingkungan masyarakat maupun disekolah, untuk meningkatkan pemahaman kepada masyarakat cara berdemokrasi dan menjadikan Pemilu menjadi lebih baik”, kata  Ferry.

Lebih lanjut dikatakan, “pendirian rumah pintar pemilu merupakan letak kecerdasan, kreatifitas, dan inovasi yang dilakukan untuk meningkatkan kesadaran nilai-nilai berdemokrasi dan Pemilu. Tujuannya untuk menguatkan aktifitas Pemilu yang meliputi Pemahaman sistem Pemilu; Proses-proses dan mekanisme Pemilu; Manajemen Pemilu bagi Penyelenggara Pemilu, Peserta, dan Pemilih”

Dalam sambutannya Ketua KPU Sragen Ngatmin Abbas mengatakan, “dengan adanya Rumah Demokrasi Sragen (RDS) diharapkan dapat memberikan gambaran bagaimana proses dan tahapan penyelenggaraan Pemilu, sehingga memberikan wawasan tentang kepemiluan bagi masyarakat. Dengan memanfaatkan ruangan yang ada di KPU Sragen, yang didesain secara artistik guna menunjang Rumah Demokrasi Sragen dengan menyesuaikan ketentuan dari KPU Pusat” pada kesempatan tersebut Ketua KPU  mengukuhkan Komunitas Mitra Pengingkat Partisipasi Pemilih Sragen Melek Pemilu serta memberikan penghargaan kepada Bupati Sragen yang diterima oleh Wakil Bupati Sragen yang didampingi oleh PLT Kepada Dinas Kominfo Kabupaten Sragen, karena telah membuatkan website untuk Rumah Demokrasi Sragen.

Rumah Demokrasi Sragen melayani kunjungan untuk pelajar, mahasiswa dan umum setiap hari pada puluk 08.30 -15.30 WIB. Jika rombongan harap memberitahu secara tertulis atau via telepon paling lambat 3 (tiga) hari sebelumnya ke nomor telepon (0271) 890461. (humas)