PEMKAB. SRAGEN JALIN KERJASAMA DENGAN PT. OASEN VN, BELANDA UNTUK TINGKATKAN PENGELOLAAN PDAM

  • 0
pdam-belanda

PEMKAB. SRAGEN JALIN KERJASAMA DENGAN PT. OASEN VN, BELANDA UNTUK TINGKATKAN PENGELOLAAN PDAM

Category : Berita

Belanda – Bupati Sragen dr. Kusdinar Untung Yuni Sukowati didampingi oleh Ketua DRPD Sragen Bambang Samekto, Direktur  Utama PDAM Tirto Negoro Sragen Supardi  Kismo Diharjo dan jajarannya melakukan kunjungan kerja ke Belanda, Selasa (31/10/2017)

Maksud kunjungan tersebut dalam rangka mengadakan kerjasama antara PDAM Kabupaten Sragen dengan PT. Oasen NV dibidang Proyek WaterWorX WOP. Sedangkan PT. Oasen NV yang  berkantor di Sint Jacobsstraat 300, Utrecht, Belanda diwakili oleh direktur utama Prof. Dr. Ir. W.G.J (Walter) Van Der Meer.

Tujuan kerjasama WaterWorX adalah untuk meningkatkan akses air dan sanitasi secara berkelanjutan dengan cara memperkuat organisasi, keuangan, teknis dan berkelanjutan, memperkuat lingkungan yang mendukung utilitas air dari segi kebijakan, peraturan dan pembiayaan, meningkatkan akses terhadap pembiayaan investasi infrastruktur  air.

Dengan adanya kerjasama tersebut diharapkan dapat memperbaiki operasional dan keuangan, sehingga mengurangi resiko investasi perbankan dan menumbuhkan kepercayaan, meningkatkan akses dan ketersediaan air untuk semua termasuk daerah kekurangan, targetnya untuk meningkatkan sanitasi dan penanganan air limbah jika memungkinkan.

Tujuan dari keseluruhan dari proyek ini adalah untuk memastikan produksi dan akses air bagi Kabupaten Sragen di masa depan, dengan mengimplementasikan paket pekerjaan yang terdapat dalam program WaterWorX, seperti mengurangi NRW (Non-Revenue Water / air yang tidak berekening) dan menerapkan kemampuan untuk menemukan sumber air yang tepat.

Kesepakatan ini berlaku dari 1 Januari 2018 sampai dengan 31 Desember 2021. Kedua belah pihak sepakat untuk memperpanjang kerjasama hingga 2030.

Proyek tersebut merupakan bagian dari program WaterworX dari Konsorsium perusahaan Air Minum Belanda dan Kementerian Luar Negeri Belanda.

Dalam kesempatan tersebut Bupati Sragen memprestasikan kondisi umum Kabupaten yang meliputi letak geografis, produk-produk unggulan Sragen, bidang pertanian, Museum Sangiran. Sedangkan tentang PDAM Bupati menyampaikan tentang cakupan layanan pengguna Air PDAM di Kabupaten Sragen, Produksi dan Distribusi Air, pengelolaan keuangan, NRW PDAM Sragen 2014 -2017 dan rencana PDAM Sragen kedepan (Humas)