PROSPEK CERAH PETANI BUAH JAMBU KRISTAL

  • 0
jambu kristal1

PROSPEK CERAH PETANI BUAH JAMBU KRISTAL

Category : Berita

MASARAN – Jambu biji merupakan salah satu jenis buah yang digemari. Rasanya yang nikmat memang ramah di lidah. Selain itu, di Negara tropis macam Indonesia, buah jambu biji bisa didapatkan dengan mudah. Jambu biji ini berbuah sepanjang tahun, karenanya tak heran jika keberadaannya melimpah, Hal ini tentu menguntungkan bagi konsumen sebab harga jambu biji kemudian menjadi murah.

Secara umum tampilan jambu biji seolah sama. Padahal, kalau kita jeli, sebenarnya ada banyak jenis jambu biji ini. Ada yang dibedakan berdasarkan warna dagingnya, ada pula yang dibedakan berdasarkan pada bentuk luar buah itu sendiri. Salah satu jenis jambu biji yang sedang digemari saat ini adalah jambu kristal. Jangan membayangkan jambu ini memiliki tampilan serupa kristal. Ia secara prinsipil sama saja dengan jenis jambu lainnya. Akan tetapi beberapa keitimewaan membuat kata kristal melekat di namanya.

Jambu kristal ini pertama kali dikembangkan di Taiwan. Maka itu jangan heran jika orang-orang juga menyebutnya jambu biji Taiwan. Jambu ini merupakan hasil mutasi dari residu Muangthai Park. Kabarnya ia ditemukan di tahun 1991 tepatnya di sebuah wilayah bernama District Kao Shiung, Taiwan. Sepintas, daging buah pada jambu kristal ini tampak tak memiliki biji sama sekali. Hal ini salah, sebab jika diamati jambu ini juga memiliki biji dalam jumlah yang sangat sedikit dan biji tersebut juga lunak sehingga cenderung tidak terlihat. Jambu kristal ini kini populer di Indonesia karena rasanya yang nikmat.

Jambu kristal memang istimewa. Bobot buah rata rata 500gr, bahkan ada yang mencapai 900gr. Kulit hijau mulus di lapisi lilin yang cukup tebal, sehingga sulit di tembus hama. Warna daging buah putih dengan tekstur renyah saat mangkal dan empuk saat matang. Bentuk buah jambu kristal bulat agak gepeng, yang istimewa jambu kristal ini berbiji sedikit dan bisa berbuah sepanjang tahun. Pada umur 2 tahun jambu kristal ini bisa berproduksi 50-70kg/tahun.

Pohon jambu kristal lebih tahan cuaca dibandingkan tanaman buah lainnya. Pohon tersebut bisa berbuah di semua musim, baik saat kemarau maupun kering. Kelebihan lainnya, jambu kristal bisa berbuah kapan saja, bahkan enam bulan setelah masa tanam.

Salah satu varietas jambu biji yang menuai banyak permintaan adalah jambu biji kristal (sweet seedless). Jambu yang memiliki banyak keunggulan ini berasal dari Taiwan. Selain daging buahnya renyah, kandungan biji pada jambu ini kurang dari 10% dari isi dagingnya. Buah ini memiliki kadar kemanisan di kisaran 11-12 brik, serta mengandung banyak air. Tak heran, jambu Kristal pun lebih digandrungi sebagai buah konsumsi.

Dinas Pertanian Sragen mengembangkan jambu kristal yang ditanam di delapan hektar area pertanian Kabupaten Sragen. Jambu kristal yang saat ini sedang diujicoba tanam di salah satu lahan pertanian di Masaran, selanjutnya akan dikembangkan di semua wilayah Kabupaten Sragen. Pengembangan jambu kristal tersebut dilakukan untuk meningkatan perekonomi masyarakat miskin di Sragen.

Prospek jambu kristal sangat bagus. Pasalnya, permintaan jambu kristal di sekitar Pulau Jawa cukup tinggi. Disusul program kementerian yang ingin mengekspor buah-buahan lokal, salah satunya jambu kristal. Sementara itu, di Sragen sudah ada tengkulak yang bersedia menampung buah jambu kristal para petani nanti.