MENGINTIP JAJANAN KHAS SUMBERLAWANG ‘INTIP MINI’

  • 0
intip mini

MENGINTIP JAJANAN KHAS SUMBERLAWANG ‘INTIP MINI’

Category : Berita

Salah satu jajanan khas yang wajib dicoba di wilayah Sumberlawang selain walangan dan keripik pisang adalah intip mini. Di Sumberlawang banyak warga yang menggeluti industri rumahan sebagai pembuat jajanan seperti intip mini, walangan, keripik dan ampyang.

Intip goreng sebagai salah satu jajanan asli sumberlawang merupakan makanan jajanan yang berbahan dasar beras yang dicetak kemudian digoreng. Desa Jati dan desa Kedungdowo, Kecamatan Sumberlawang merupakan sentra industri pembuat intip goreng. Jumlah Industri Kecil Menengah (IKM) hingga kini ada sekitar 35 orang dengan masing-masing memiliki tenaga kerja empat orang. Setiap IKM bisa memproduksi 100 buah/hari dengan menghabiskan empat kilogram beras sebagai bahan bakunya.

 

Intip goreng ini memiliki ukuran yang bervariasi, yaitu besar hingga kecil. Harga utuk intip goreng ukuran sedang Rp 2.500, intip ukuran kecil Rp 1.500. dalam pembuatan intip goreng, pengeringan dilakukan dengan dijemur dibawah sinar matahari. Intip goreng ini mempunyai dua variasi rasa yaitu gurih asin dan rasa manis. Wilayah pemasaran untuk intip goreng khas Sragen ini mencakup Salatiga, Jakarta, Yogyakarta, Boyolali, Kudus, dan lain-lain. Sebagian besar pengunjung lebih banyak membeli intip mini disamping bentuknya yang unik juga rasanya yang gurih menjadi daya tarik sendiri.