Seminar Pola Asuh Anak jaman Now

  • 0
Seminar Pola Asuh Anak

Seminar Pola Asuh Anak jaman Now

Category : Berita

Sragen – Dalam rangka peringatan Hari Kartini ke-139 Kabupaten Sragen tahun 2018, dilaksanakan beberapa rangkaian kegiatan, salah satu kegiatan dimulai hari ini Selasa (3/4) yaitu Seminar Pola Asuh Anak Jaman Now Menuju Kabupaten Layak Anak di Ruang Sukowati Sekretariat Daerah Kabupaten Sragen. Peringatan ini sebagai wujud penghargaan atas perjuangan R.A Kartini yang telah memperjuangkan hak perempuan pada masa lalu.

Seminar sehari tersebut menghadirkan narasumber Dedy Andrianto, yang juga merupakan Ketua Himpaudi Jawa Tengah. Bertindak sebagai moderator Ketua PPT ( Pusat Pelayanan Terpadu) Kabupaten Sragen Retna Susanti Dedy Endriyatno. Tampak hadir, Kepala Dinas PPKB PPPA Kabupaten Sragen, dr Joko Sugeng, Ketua GOPTKI dan Dharma Wanita Damai tatag Prabawanto.

Peserta seminar terdiri dari Guru PAUD, Guru SD, Guru Bimbingan Konseling, perwakilan dari Ketua P4A, Pengurus Pokja, Dharma Wanita, TP PKK Desa, GOW, GOPTKI, dan Forum Anak Sukowati.

Kepala Dinas PPKB PPPA Kabupaten Sragen menyampaikan, “Kemajuan teknologi tidak bisa ditolak, sehingga berikan pengertian yang baik untuk anak-anak, dengan harapan sebagai progres bagi kemajuan untuk mengawal Sragen menuju Kabupaten Layak Anak, dan mudah-mudahan seminar ini bisa bermanfaat dalam pola mengasuh anak di jaman sekarang.

Dedy Andrianto sebagai narasumber memaparkan materi tentang “4 Prinsip hak anak yaitu kepentingan terbaik untuk semua anak, perkembangan kelangsungan hidup, komunikasi dan menghargai pendapat anak, non diskriminasi / tidak membandingkan dengan anak lain.”

“terhadap anak, hendaknya kita memberikan contoh perbuatan, bukan hanya perintah atau suara, karena anak akan menirukan apa yang orang tua lakukan”, lanjutnya

Tantangan kehidupan di zaman now dan masa depan yang akan terus dihadapi orang tua adalah “Kemajuan teknologi seperti internet, HP dan game, tidak semua keinginan anak harus dituruti apalagi tentang gadget, banyaknya tayangan TV yang kurang mendidik, mengajari anak bersifat konsumtif/hedonis, dan bahaya Narkoba”, tutur Dedy.

“Peran keluarga atau orangtua sangat berpengaruh bagi perkembangan anak untuk masa depan mereka. Orangtua harus bisa menjadi teman yang baik bagi anak, memberikan support dengan penghargaan, membimbing anak dengan keteladanan dan pujian atas prestasi yang dimiliki”, jelasnya.