PLH BUPATI TATAG BUKA RESMI MUSYAWARAH DAERAH X MUI KABUPATEN SRAGEN

SRAGEN - Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Sragen menggelar Musyawarah Daerah (Musda) ke X yang dilaksanakan di Gedung PLHUT KanKemenag, Sabtu (8/5/2021).

MUI memiliki peran strategis dalam membangun kemaslahatan umat dan memperkokoh ukuwah islamiyah, karena ulama merupakan perekat dan penguat dalam menyatukan agama agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Hal itu disampaikan Plh Bupati Tatag Prabawanto saat memberikan sambutan dan membuka Musda X. Tema yang diangkat \"Memantapkan Peran MUI Sebagai Mitra Strategis Pemerintah Dalam Mewujudkan Islam Wasathiyah Untuk Keadilan dan Pengentasan Kemiskinan\".

Adapun kegiatan ini juga dihadiri oleh Ketua MUI Kabupaten Sragen Dr. KH. Minanul Aziz, Ketua MUI Provinsi Jawa Tengah Dr. KH. Ahmad Daroji, dan mantan Wakil Bupati Sragen Dedy Endriyatno.

Plh Bupati Tatag menyampaikan, ulama memiliki peran penting dalam membimbing agar masyarakat terhindar dari hal-hal yang menyimpang dan menyesatkan untuk tetap menjaga persatuan dan kesatuan dalam menghadapi era dan keterbukaan yang bisa mempengaruhi kehidupan berbangsa dan bernegara, maupun bermasyarakat.

Plh Bupati Tatag menyampaikan terimakasih kepada MUI atas fatwa yang telah diberikan terkait COVID-19, sehingga bisa berjalan secara kondusif termasuk di Kabupaten Sragen.

Lebih lanjut, Plh Bupati Tatag berharap pelaksanaan ibadah ramadhan sampai Hari Raya Idul Fitri bisa berjalan dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan.

\"Kami berharap kepada MUI untuk ikut memberikan pemahaman terkait kondisi sekarang yang sedang dihadapi, dan turut berperan dalam rangka menghadapi hoaks yang bisa memecah belah persatuan, bagaimana juga ikut memberikan pemahaman dalam rangka pencegahan narkoba kenakalan remaja, pernikahan dini, maupun kekerasan dalam rumah tangga,\" harapnya.

Sementara Ketua MUI Kabupaten Sragen Dr. KH. Minanul Aziz mengatakan, MUI merupakan pelayan umat dan mitra bagi pemerintah.

\"Bukti bahwa MUI termasuk mitra pemerintah, dalam masalah pandemi saya kira kalau tidak ada fatwa ulama indonesia geger. Apalagi pada saat tahun kemarin sedang gawat gawatnya,\" terangnya.

Untuk tahun ini, Pemerintah Kabupaten Sragen memberikan bantuan dana hibah sebesar 250juta untuk kegiatan MUI. (Mega_Diskominfo)