Jadi Kado Terindah Hari Jadi ke 278, Pemkab Sragen Kembali Raih WTP Sembilan Kali Berturut-turut

SRAGEN - Suatu kebanggaan bagi masyarakat Bumi Sukowati terhadap Pemerintah Kabupaten Sragen dalam pengelolaan keuangan. Hal itu dibuktikan dengan prestasi yang kembali diraih, yakni predikat opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Jawa Tengah atas Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) keuangan daerah tahun 2023.

Prestasi ini merupakan yang "kesembilan" kali berturut - turut diraih oleh Pemkab Sragen.

Penyerahan WTP ke-9 ini diserahkan langsung Kepala BPK Perwakilan Jawa Tengah, Hari Wiwoho,S.E.,M.M.,Ak.,CA.,CSFA, kepada Bupati Sragen, dr. Kusdinar Untung Yuni Sukowati dan Ketua DPRD Sragen, Suparno, di Gedung BPK Jateng, Semarang, Senin (6/5/2023) siang.

Atas diraihnya WTP kesembilan kali ini membuktikan bahwa Pemkab Sragen berkomitmen mempertahankan standar pengelolaan keuangan publik dengan baik dan transparan.

Bupati Yuni mengatakan, opini WTP yang kesembilan kalinya ini merupakan hasil kerja keras seluruh jajaran Pemerintahan Kabupaten Sragen yang didukung DPRD dan pihak lainnya. Ia bersyukur secara konsisten selama delapan tahun dibawah kepemimpinannya sejak pertama menjabat selalu memperoleh WTP.

Untuk itu, Bupati mengucapkan terima kasih atas kerja keras, kekompakan dan dukungan semua pihak.

"Alhamdulillah.. Ini merupakan kebanggaan seluruh masyarakat, sekaligus pemacu untuk bekerja lebih baik lagi sehingga bisa terus mempertahankan WTP ini meski tahun depan sudah bukan lagi dibawah kepemimpinan saya," ungkapnya.

Bupati berharap WTP kesembilan ini akan memberikan dukungan kuat kepada pemerintah selanjutnya untuk terus menjaga tradisi prestasi dan open government serta transparansi di Bumi Sukowati.

"Bersama - sama kami telah membangun Sragen. Sembilan kali WTP, delapan kalinya dibawah nahkoda saya sejak awal menjabat sebagai Bupati. Karena sebelumnya, 1 kali WTP dibawah kepimimpinan Bupati sepuh Sragen Bapak Agus Fatchur Rahman. InsyaAllah semuanya bisa menjadi tinggalan yang baik untuk Warga Sragen," ujar Bupati.

"Kami berikan WTP ini untuk seluruh masyarakat Kabupaten Sragen sekaligus hadiah terindah untuk Hari Jadi ke-278 Kabupaten Sragen. Dengan bangga kita sampaikan bahwa inilah kerja keras bersama, apresiasi ini bisa terwujud karena kita saling mendukung," lanjutnya.

Senada dengan Bupati Yuni, Ketua DRPD Sragen, Suparno mengatakan kedepan LKPD akan terus diperbaiki agar menjadi lebih baik.

Kepala Perwakilan BPK RI Perwakilan Jateng, Hari Wiwoho mengatakan, pemeriksaan terhadap laporan keuangan bertujuan untuk memberikan opini atas kewajaran penyajian laporan keuangan.

Pihaknya memberikan apresiasi atas diraihnya Opini WTP oleh Kabupaten Sragen siang tadi.

"Kami mengapresiasi segala upaya yang telah dilakukan oleh masing-masing pemerintah Kabupaten untuk mengelola dan mempertanggungjawabkan keuangan daerah agar lebih transparan dan akuntabel. Opini atas LKPD Kabupaten Sragen ahun 2023 adalah wajar tanpa pengecualian," ungkap Hari.

Hasil tersebut setelah dilakukan serangkaian tahapan pemeriksaan LKPD oleh tim BPK dan pencapaian opini WTP. Dengan demikian empat kabupaten tersebut dapat mempertahankan predikat WTP seperti tahun sebelumnya.

Hari berharap, agar hasil pemeriksaan yang disampaikan dapat memberikan dorongan dan motivasi untuk memperbaiki pertanggungjawaban pelaksanaan APBD.

 

Penulis : Miyos_Diskominfo

editor : Yuli_Diskominfo