Selamat! Sragen Raih Penghargaan Pembangunan Daerah Provinsi Jawa Tengah Tahun 2024

SRAGEN - Prestasi membanggakan kembali diraih oleh Kabupaten Sragen yaitu Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) Terbaik II Tingkat Provinsi Jawa Tengah Tahun 2024.

Penghargaan diberikan kepada Bupati Sragen dr. Hj. Kusdinar Untung Yuni Sukowati oleh Pj Gubernur Jawa Tengah Nana Sudjana kepada 3 kabupaten terbaik yaitu Temanggung, Sragen dan Jepara pada acara Musrenbang RKPD Jawa Tengah 2025 Senin (29/4/2024) yang dihadiri langsung oleh Wakil Bupati Sragen H. Suroto di Gedung Gradhika Bhakti Praja komplek Kantor Gubernur Jawa Tengah.

Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) merupakan evaluasi kreatif terhadap perencanaan dan pencapaian yang diselenggarakan oleh Kementerian PPN/Bappenas setiap tahunnya. Evaluasi pembangunan daerah ini diharapkan dapat memotivasi daerah untuk merencanakan dan melaksanaan kegiatan pembangunan lebih baik lagi.

Pada tahun 2018 Kabupaten Sragen masuk kedalam 10 besar Kabupaten/kota PPD Provinsi Jawa Tengah, kemudian peringkat 5 PPD Provinsi Jawa Tengah pada Tahun 2023. Dengan terpilihnya Kabupaten Sragen sebagai Kabupaten Terbaik II Provinsi  Tengah 2024 membuktikan bahwa Kabupaten Sragen selalu berbenah diri, memperbaiki diri dan selalu berinovasi.

Inovasi yang diangkat oleh Kabupaten Sragen pada PPD Tahun 2024 ini adalah Moles Desa. Inovasi ini untuk menjawab permasalahan kemiskinan dan pengangguran di Kabupaten Sragen.

Moles Desa yang diinisiasi oleh Badan Perencanaan Pembangunan, Riset, dan Inovasi Daerah (Bapperida) Sragen ini merupakan program yang mengkombinasikan dua program yang sudah ada, yakni Klinik BUMDes dan Sistem Internet Milik Desa (Simides).

Klinik Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) milik Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) merupakan inovasi pembinaan dan pendampingan yang dilengkapi dengan sistem informasi pelaporan dan penilaian BUMDes. Inovasi ini lahir di 2022 karena rendahnya klasifikasi BUMDes di Sragen dan belum tersedianya layanan khusus BUMDes yang melibatkan organisasi perangkat daerah (OPD).

Sementara Simides lahir dibidani Bank Djoko Tingkir Sragen pada 2021 dengan latar belakang pandemi Covid-19. Simides menyediakan layanan Internet murah dan cepat yang dikelola BUM Desa untuk keberlangsungan ekonomi masyarakat. BUMDes sebagai inkubator bisnis dengan menyediakan fasilitas dan layanan bagi munculnya usaha rintisan (startup) di tingkat desa.

Perlu diketahui bahwa Kabupaten Sragen telah lolos tahap II penilaian Penghargaan Pembangunan Daerah Tingkat Provinsi Jawa Tengah Tahun 2024 pada 31 Januari 2024 dan berhasil masuk dalam tiga besar Kabupaten penilaian PPD Tingkat Provinsi Jawa Tengah untuk selanjutnya dilakukan verifikasi lapangan.

Penilaian dilaksanakan dalam 2 tahap, penilian Tahap I dilakukan oleh Tim Penilai Utama (TPU) yang terdiri dari Fungsional Perencana Provinsi Jawa Tengan, penilaian meliputi 3 Aspek yaitu 40% Aspek Capaian Pembangunan, 40% Aspek Kualitas Dokumen RKPD dan 20% Aspek Inovasi Daerah.

Berdasarkan hasil penilaian tahap l yang meliputi penilaian dokumen Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD), serta dokumen inovasi daerah, Kabupaten Sragen terpilih menjadi salah satu Kabupaten (8 besar Kabupaten terbaik) yang masuk ke Tahap II Penilaian PPD (penghargaan perencanaan daerah) tingkat Kabupaten Provinsi Jawa Tengah tahun 2024. 

Pada penilaian tahap II, dilakukan oleh Tim Penilai Indipenden, dimana Tim Penilai Independen terdiri dari Perguruan tinggi dan Media Masa. Penilaian Tahap II meliputi 4 aspek yaitu 30% Pencapaian Pembangunan, 20% Kualitas Dokumen Perencanaan, 30% Proses Penyusunan Dokumen Perencanaan dan 20% Inovasi.

Tahapan selanjutnya, pada 6 Februari 2024 Kabupaten Sragen dikunjungi langsung oleh tim penilai independen dari Provinsi Jawa Tengah guna memverifikasi Lapangan terhadap inovasi yang diusung Kabupaten Sragen.

Tim Verifikator Provinsi Jawa Tengah saat itu dipimpin oleh Plt. Kabid Perekonomian Bappeda Provinsi Jawa Tengah Hermawan, SP, M.Si dan didampingi dua penilai independent Guru Besar Fakultas Ekonomi Bisnis Universitas Diponegoro (Undip) Semarang Prof. Firmansyah dan  perwakilan media massa Gunawan Permadi.

Bupati Yuni saat dikonfirmasi atas penerimaan penghargaan PPD bagi Kabupaten Sragen yang menjadi Kabupaten Terbaik II mengaku bersyukur dan mengapresiasi kinerja Pemerintah Kabupaten Sragen.

“Alhamdullilah maturnuwun untuk masyarakat Sragen dan ASN Kabupaten Sragen atas kinerjanya dalam pembangunan di Kabupaten Sragen sehingga bisa meraih terbaik kedua penghargaan Pembangunan Daerah. Semoga semangat penghargaan ini untuk terus memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat serta memberikan manfaat bagi kesejahteraan masyarakat.”ujar Bupati disela-sela kegiatan Silaturahmi Halal Bihalal bersama tokoh masyarakat dan perangkat desa di Kecamatan Sidoharjo Rabu (1/5/2024).

Hasil PPD Tahun 2024 Tingkat Provinsi Jawa Tengah

 Kategori Kabupaten

Terbaik I Kabupaten Temanggung

Terbaik II Kabupaten Sragen

Terbaik III Kabupaten Jepara

 

Kategori Kota

Terbaik I Kota Magelang

Terbaik II Kota Surakarta

Terbaik III Kota Pekalongan

 

Penulis : Mira_Diskominfo

Sumber : Bapperida Kabupaten Sragen