Sosialisasi INSAN Di Penghujung MPLS SMP N 1 Karangmalang

SRAGEN – Mengawali Tahun Ajaran 2024/2025, Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 1 Karangmalang mengadakan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS). Kegiatan untuk menyambut peserta didik baru ini berlangsung selama tiga hari pada (22 – 24/7/2024) yang diisi dengan penyampaian materi seputar kesehatan dan keamanan oleh beberapa instansi seperti Pusat Kesehatan masyarakat (PUSKESMAS)  dan Kepolisian Sektor (POLSEK) Karangmalang.

Dinas Komunikasi dan Informatika (DISKOMINFO) Kabupaten Sragen mendapatkan kesempatan untuk menggelar Sosialisasi Internet Aman dan Sehat (INSAN) sebagai penutupan MPLS SMP Negeri 1 Karangmalang. Edukasi dengan tema “Berinternet yang Aman dan Sehat Mewujudkan Generasi Cerdas menuju Indonesia Emas” disampaikan secara interaktif oleh narasumber melalui pemutaran video pendek, presentasi, game, quiz berhadiah, dan pembuatan konten bersama.

Drs. I. Yusep Wahyudi, M.Si selaku narasumber memberikan contoh tentang kemajuan teknologi dengan memutar video yang dibuat dengan Artificial intelligence (AI). Melalui video tersebut tersirat pesan bahwa dampak dari teknologi seperti dua bilah mata pedang, di satu sisi AI sangat membantu pekerjaan manusia namun di sisi lain juga membahayakan.

“Orang-orang di dalam video ini dan suara-suara yang dihasilkan, semuanya saya buat menggunakan AI. Terlihat seperti nyata, tapi sebenarnya yang ada di video ini keseluruhannya hanyalah buatan manusia. Maka dari itu, Anak-anak harus berhati-hati dengan orang yang baru kalian kenal di internet!” urainya.

Ia berpesan agar siswa-siswi SMP N 1 Karangmalang terbuka dengan orangtua dan mengajak teman apabila ingin menemui seseorang yang baru dikenal lewat internet, mengingat kecerdasan AI yang mampu merekayasa apapun dapat menjadi tipuan di dunia nyata.

Narasumber kedua, Budi Yuwono, S.Kom, M.Eng, menyampaikan materi tentang Bahaya Cyber Bullying dan Berinternet dengan Bijak. Menurutnya, anak-anak di era digital ini kurang dibekali pengetahuan mengenai cara menghindari dan menghadapi cyber bullying yang marak di internet.

“Materi ini sangat penting bagi anak-anak sebagai bekal bersosialmedia yang aman, sehingga anak-anak dapat mengikuti era globalisasi dengan baik dan bijak.” ujarnya.

Dirinya juga menegaskan, keterbukaan dan sharing dengan orang-orang terdekat adalah kunci mengatasi cyber bullying sejak dini.

Sementara itu, Kepala Sekolah SMP N 1 Karangmalang, Widhi, S.Pd, menyampaikan upaya yang telah dilakukan sekolah untuk memanfaatkan internet secara positif bagi siswa-siswi dengan mengembangkan  iPERPUS.

iPERPUS merupakan aplikasi perpustakaan digital bagi civitas academica SMP N 1 Karangmalang dan masyarakat umum yang berisi buku, tutorial, dan berita dalam bentuk digital.

“iPERPUS inilah yang menjadikan SMP negeri 1 Karangmalang Juara 1 dalam Lomba Inovasi Daerah Bidang Pendidikan Tingkat Kabupaten Sragen Kategori SMP pada Sragen Award Tahun 2024.” tuturnya.

Widhi mengucapkan terima kasih kepada DISKOMINFO Sragen dan para narasumber yang telah memberikan pembinaan kepada murid-muridnya. Ia mengatakan siswa-siswinya yang masih belia belum memiliki defense dalam berinternet, sehingga semua informasi yang tersedia sangat mungkin untuk ditelan mentah-mentah bahkan ditiru tanpa mempertimbangkan efeknya.

Senada dengan Widhi, Kepala DISKOMINFO Sragen, Drs. Catur Sarjanto, M.Si, menyatakan bahwa remaja di usia belasan dapat dikatakan masih awam terhadap teknologi informasi. Kebanyakan remaja hanya fokus untuk bermain game tanpa mengetahui bahaya penipuan, pencemaran nama baik, dan hoax yang mengancam mereka.

“Teknologi informasi tidak dapat ditolak, namun harus dihadapi dengan bijak. Jika kita dapat memanfaatkan teknologi informasi dengan cerdas maka pengaruhnya akan luar biasa karena dapat membantu kita dalam silaturahmi, koordinasi, komunikasi, dan ilmu pengetahuan.” pesannya.

Kegiatan ditutup oleh Kepala Bidang Pendayagunaan Teknologi Informasi dan Statistik DISKOMINFO Sragen sekaligus Ketua Penyelenggara Sosialisasi INSAN, Hartono, S.Kom, M.Kom. Dalam kata penutupnya, Hartono menyampaikan bahwa sosialisasi ini bertujuan untuk membekali anak-anak dalam menghadapi era digital agar dapat menggunakan teknologi secara lebih terarah, mampu bersosialmedia dengan bijak, dan mengakses internet demi mencapai cita-cita.

Guru SMP N 1 Karangmalang yang diwakili oleh Yuni Wiyarti, S.Kom berharap dengan adanya edukasi tentang internet aman dan sehat ini menjadikan anak-anak didiknya generasi yang cerdas. Baginya, pemanfaatan internet yang positif tentu dapat menunjang prestasi siswa-siswi SMP N 1 Karangmalang di masa depan.

 

Penulis : Rindah_DISKOMINFO

Editor : Yuli_DISKOMINFO