Pencanangan Desa Cantik Siapkan Desa Jadi Sumber Data Lengkap

SRAGEN – Data pembangunan yang akurat merupakan bagian dari informasi tata kelola untuk menciptakan layanan publik yang berkualitas dalam Pembangunan. Hal itu disampaikan Sekretaris Daerah Kabupaten Sragen dr. Hargiyanto M.Kes., saat membuka Sosialisasi dan Pencanangan Desa Cinta Statistik (Desa Cantik) Tahun 2024 yang digelar di Aula Sukowati Komplek Sekretariat Daerah Kabupaten Sragen Senin (26/8/2024).

Menurutnya data yang akurat sangatlah penting dan Preseiden Jokowi menyebutkan data adalah new oil bahkan lebih mahal daripada minyak. Sehingga data yang akurat memiliki nilai yang sangat tinggi, dan data akurat merupakan kunci sukses dalam Pembangunan.

Dia berharap desa-desa di Sragen bersolek dengan data dan potensi yang dimiliki sehingga mewujudkan Desa Cantik yang mempesona dengan memperbaiki data statistik yang berkualitas.

“Pentingnya desa akan menjadi sumber data yang sangat lengkap (valid) dalam perencanaan Pembangunan. Kami berharap pekerjaan data mulai dari jenjang desa, kecamatan hingga kabupaten menjadi komponen utama yang berpengaruh dalam pengambilan keputusan di suatu wilayah. Saya tekankan kegiatan ini tidak berhenti pada dua desa yang dicanangkan supaya setelah ini seluruh desa bisa mereplikasi.” terangnya.

Kepala Badan Pusat Statistik Kabupaten Sragen, Cahyo Kristiono menerangkan pembinaan Desa Cantik dilakukan untuk meningkatkan literasi serta peran aktif aparatur desa dan agen-agen statistik dalam penyelenggaraan kegiatan statistik, serta menerapkan standarisasi tata kelola penyelenggaraan kegiatan statistik agar pemanfaatan data statistik bisa optimal. Selain itu pihaknya juga membentuk agen-agen statistik di desa/kelurahan.

Ia menjelaskan beberapa langkah untuk mendukung program tersebut adalah dengan melakukan identifikasi kebutuhan desa yang berasal dari desa itu sendiri, kemudian pihaknya akan membuatkan desain untuk membantu desa khususnya desa lokus yang ditunjuk.

“Kita juga berharap bahwa pengaruh atau output dari Desa Cantik ini, kita ingin desa-desa yang lain nantinya juga akan mempersiapkan diri untuk menjadi bagian dari Desa Cantik Kabupaten Sragen. Tahun 2022 kita sudah mengawali Desa Cantik yaitu Desa Karengpelem Kecamatan Kedawung.” lanjutnya.

Dia menambahkan secara Nasional sebanyak 502 desa dan kelurahan telah dibina BPS. Kemudian ada dua desa yang dicanangkan pada program Desa Cantik di Kabupaten sragen tahun ini dan selanjutnya akan dilakukan pembinaan yakni desa Jambanan Kecamatan Sidoharjo (menjadi lokus utama) dan desa Karangpelem.

Sementara sebagai desa yang terpilih menjadi Desa Cantik tahun 2024, Kepala Desa Jambanan, Sugino Willy mengatakan pihaknya tengah melakukan persiapan yang matang dalam pengelolaan data.

“Persiapannya mulai dari sekarang kita tata dan mulai mendapat bimbingan dari BPS. Apa yang sekiranya kita persiapkan, data-data apa saja yang perlu disiapkan agar berjalan dengan baik,” katanya.

Pencanangan Desa Cantik ditandai dengan penandatanganan dan penyerahan piagam pencanangan Desa Cantik oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Sragen, Dr. Hargiyanto, M.Kes serta dua Kepala Desa yaitu Kepala Desa Jambanan, Sidoharjo dan Kepala Desa Karangpelem, Kedawung.

 

Penulis : Agustina

Editor   : Yuli_Diskominfo